Share

Berapa Sih Suhu yang Tepat untuk Menyimpan Makanan di Kulkas?

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 19 Oktober 2018 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 19 298 1966106 berapa-sih-suhu-yang-tepat-untuk-menyimpan-makanan-di-kulkas-cTL55k6yCK.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DI zaman yang sudah sangat modern dan serba instan ini, hampir tiap rumah dan keluarga memiliki lemari es atau kulkas. Seperti yang sudah diketahui banyak orang lemari es digunakan untuk menyimpan makanan, minuman, bahan masakan, buah, dan sayuran lebih tahan lama.

Kendati sudah banyak yang memiliki, nyatanya penggunaan lemari es masih belum semua orang memahami, khususnya pengaturan suhu. Terkesan sepele memang, sebab pengaturan suhu hanya tinggal diputar sesuai keinginan, namun bagaimana suhu yang tepat?

Pengaturan suhu lemari es yang tidak tepat seperti yang dilansir Okezone dari laman Metro, Jumat (19/10/2018) justru dapat membuat makanan atau minuman yang disimpan di dalamnya cepat membusuk, akhirnya malah jadi sampah.

Baca Juga: Paling Subur Sedunia, Wanita Berusia 40 Tahun Ini Lahirkan 44 Anak

WRAP menyebut suhu lemari es rata-rata yang digunakan adalah tujuh derajat celcius, lebih tinggi dari yang direkomendasikan oleh Food Standart Agency (FSA), sementara yang dianjurkan antara nol derajat hingga lima derajat celcius.

โ€œLemari es sering digunakan dengan suhu yang terlalu panas bagi makanan, artinya untuk susu dan bahan makanan lainnya akan cepat basi dan akhirnya dibuang begitu saja. Para keluarga pun akhirnya lebih banyak membuang makanan yang sudah dimakan sebelumnya,โ€ ujar Helen White dari Inisiatif Love Food Hate Waste WRAP.

Suhu lemari es ini penting untuk diperhatikan, selain dapat membuat makanan dan minuman cepat basi jika tidak tepat besarnya, juga bisa membuat bakteri terhenti pertumbuhannya. Selain itu, beberapa makanan memang harus disimpan di lemari es untuk membantu memperlambat pertumbuhan bakteri dan membuatnya tetap segar dan aman lebih lama.

Baca Juga: Tengok 5 Foto Manja Rini Puspitawati, Pemandu Lagu Seksi yang Kecelakaan Bersama Suami Orang

Hal tersebut perlu dilakukan, karena secara umum semakin dingin suhu bakteri akan lebih lambat pertumbuhannya. Tetapi, walau suhu sudah sesuai masih ada pertumbuhan bakteri yang sama sekali tidak bisa dihambat, salah satunya yaitu listeria monocytogenes.

Anda perlu memeriksa apakah lemari es cukup dingin dengan menggunakan thermometer yang telah tersedia. Dengan cara seperti itu suhu setiap bagian lemari es bisa terdeteksi, sebab tidak semua bagian lemari es sama suhunya, bagian terdingin dari lemari es ada di bagian bawah dan harus mencapai lima derajat celcius.

Perlu diketahui juga, sebaiknya Anda tidak mengisi lemari es sampai penuh. Berikan ruang kemungkinan udara untuk bersirkulasi dan mempertahankan suhu yang diatur. Jika lemari es nampak penuh, keluarkan barang yang tidak perlu didinginkan, seperti bir. Cara ini dapat menyediakan ruang bagi barang yang perlu didinginkan, karena alasan keamanan, seperti makanan mentah, siap saji, dan sudah dimasak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini