nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali Rasa Biji Kopi Rwanda Kanzu yang Bisa Bangkitkan Mood

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 19 Oktober 2018 20:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 19 298 1966340 kenali-rasa-biji-kopi-rwanda-kanzu-yang-bisa-bangkitkan-mood-Y9R7m7riC3.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

RWANDA Kanzu jadi salah satu biji kopi favorit orang Indonesia. Rasanya cenderung fruity dan low accididty, sehingga bisa membangkitkan mood usai menyeruputnya.

Biji kopi ini begitu istimewa karena punya cita rasa menarik. Siapapun bakal suka menyeruputnya, baik laki-laki atau perempuan. Sebab, biji kopi ini rasanya tidak cenderung asam, ringan di lidah, serta ada perpaduan aneka rasa buah-buahan yang menjadi ciri khasnya.

Okezone pun ikut jatuh cinta dengan biji kopi asal Kongo di Benua Afrika tersebut. Saat cupping bareng barista kedai kopi berlambang putri duyung di kawasan Sudirman, Jakarta, Rwanda Kanzu disuguhkan di hadapan para media.

Semuanya hanyut dalam penjelasan dua barista perempuan yang jago bikin manual brew coffee, Ayu dan Feli namanya. Saat itu, mereka membuat Rwanda Kanzu dengan metode pour over.

 

(Foto: Dewi/Okezone)

(Baca Juga: Niat Minta Tolong, Foto Wanita Ini Malah Jadi Korban Keisengan Netizen)

Sambil ngobrol seru, Ayu menjelaskan seluk-beluk dari biji kopi andalan kedai kopi yang merajai seluruh kawasan Indonesia itu. Dia menyebut, biji kopi itu ditanam secara tradisional di lahan kebun kopi, tepatnya puncak gunung Crete Congo Nil.

"Dari Februari hingga Juni, ratusan petani petani kecil membawa hasil panen mereka ke Kanzu Washing Station. Sebanyak 50 laki-laki dan perempuan lokal bekerja untuk mengubah ceri menjadi kopi spesial," ujar dia di sela Masterclass Starbucks Indonesia di Menara Astra, Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (19/10/2018).

Ayu menambahkan, prosesnya menggunakan teknik tradisional yang berbeda dari biji kopi lainnya. Ketelitian, keterampilan, dan konsistensi mereka meningkatkan pencucian kopi menjadi seni, lalu jadi persembahan luar biasa mereka untuk semua pencinta kopi.

 

(Foto: Dewi/Okezone)

Malahan cara menanam dan proses kopi secara tradisional itu, jadi sumber mata pencaharian yang penting bagi masyarakat di sana. Karena ditanam dengan sepenuh hati, maka jadilah cita rasa kopi itu sungguh istimewa.

 (Baca Juga:5 Gaya Outfit Sri Mulyani yang Asyik, Menteri Favorit Generasi Milenial)

Varietas kopi Bourbon tersebut ditanam di let 5.905 kaki-6.889 kaki (1.800 mdpl-2.100 mdpl). Kemudian metode pengolahannya dengan fully washed.

"Kalau rasanya cenderung red currant dan Asian pear flavors dan terasa seperti sirup di mulut. Makanya banyak orang suka, apalagi kalau medium roasting, akan terasa ringan di lidah," beber Ayu.

Saat menyeruputnya, Okezone merasakan kesempurnaan cita rasa kopi ini. Terlebih, bagi Anda yang menyukai cita rasa kopi fruity, jadi menarik sekali.

Bagi pencinta kopi, tentunya wajib banget mencicipi minuman tersebut. Selain menarik, Anda bisa menambah pengalaman baru minum varian biji kopi dari berbagai negara.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini