nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini yang Membuat Danau Toba Jadi Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 19 Oktober 2018 16:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 19 406 1966296 ini-yang-membuat-danau-toba-jadi-destinasi-wisata-terbaik-di-indonesiaindonesia-GYicTvwQHV.jpg Danau Toba wisata terbaik (Foto:Aulia/Okezone)

SETELAH Danau Toba dinobatkan sebagai salah satu dari 4 destinasi super prioritas, pengembangan kawasan wisata ini terus digencarkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pariwisata.

Dari segi aksesbilitas, Danau Toba nantinya akan didukung oleh tiga bandara sekaligus yakni, Bandara Kuala Namu, Bandara Silangit, dan Bandara Si bisa.

Selain itu, akses darat pun mulai mengalami peningkatan, seiring dibangunnya jalur tol dan perbaikan Jalur Lingkar Danau Toba serta Jalur Lingkar Samosir. Pembangunan infrastruktur ini memang sengaja dilakukan demi mendukung kelancaran akses wisatawan menuju kawasan Danau Toba.

Untuk tahap pertama, Kementerian PUPR telah membangun Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,7 km. Kemudian akan dibangun pula jalan tol Medan-Parapat.

"Aksesbilitas dari Bandara Silangit itu hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk sampai ke Danau Toba. Sementara dari Bandara Kuala Namu, wisatawan hanya perlu melakukan perjalanan darat selama kurang lebih 3 jam. Ini berkat pembangunan tol dan jalur lingkar yang telah dilakukan pemerintah," tutur Drs. Lokot Ahmad Enda MM, Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Budaya Kemenpar, dalam acara Sales Mission Danau Toba, di Sheraton Hotel, Jakarta Selatan, Jumat (19/10/2018).

Lebih lanjut Lokot mengatakan, durasi perjalanan nantinya bisa ditempuh lebih cepat, jika pembangunan jalur kereta api Medan-Danau Toba telah rampung. Wisatawan hanya memerlukan waktu 2,5 jam ketika menggunakan moda transportasi tersebut.

(Baca Juga: Cobalah Posisi Seks Unicorn, Bisa Bawa Anda ke Negeri Dongeng)

 

(Baca Juga: 5 Gaya Outfit Sri Mulyani yang Asyik, Menteri Favorit Generasi Milenial)

Percepatan pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah di kawasn Danau Toba pun mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk pakar pariwisata Drs. Wardiyatmo, M.Sc.

Menurutnya, Danau Toba bisa menjadi destinasi wisata terbaik di Indonesia, jika pembangunan infrastruktur (atraksi, aksesbilitas, dan amenitas) telah rampung 100%.

"Coba bandingkan dengan Tana Toraja di Sulawesi Selatan. Untuk menuju tempat ini wisatawan harus menempuh perjalanan darat dari Makassar selama kurang lebih 9 jam. Jalur pergi dan pulangnya pun sama (back track)," jelas Wardiyatmo.

"Sementara Danau Toba, wisatawan bisa masuk dari Silangit lalu pulangnya melewati rute yang berbeda (jalur lingkar). Jadi banyak pemandangan dan objek wisata yang mereka bisa jajal. Misalnya, setelah puas menjelajahi Danau Toba, pulangnya bisa mampir ke Brastagi," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, KETUA ASITA Sumatera Utara, Solahuddin Nasution, SE, MSP mengatakan, selama ini keluhan wisatawan yang hendak berkunjung ke Danau Toba adalah durasi perjalanan.

Oleh karena itu, seiring dengan semakin majunya infrastruktur dan akses menuju destinasi wisata tersebut, diharapkan dapat menggenjot jumlah wisatawan nusantara maupun mancanegara.

"Sekarang ke Danau Toba dari Medan sudah dapat ditempuh 3 jam lewat Tol. Jadi sekarang wisatawan memiliki banyak pilihan, mau masuk dari Medan terus keluar dari Silangit, atau masuk dari Silangit keluar dari Medan," tukasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini