nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Trik Hadapi Anak Susah Makan

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 19 Oktober 2018 08:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 19 481 1966042 6-trik-hadapi-anak-susah-makan-zxzIuINZFM.jpg Hadapi Anak yang Susah Makan (Foto: Pixabay)

Menghadapi anak yang tiba-tiba malas makan, pasti bikin Moms galau. Tapi jangan khawatir, semuanya bisa diatasi dengan trik-trik menyenangkan. Anak mulai mengenal MPASI di usia 6 bulan, diiringi pemberian lanjutan ASI hingga usia 2 tahun. Di situ, Moms juga harus menjaga kualitas ASI dengan tepat. Salah satu caranya dibantu dengan minum susu yang sehat.

Setuju kan kalau hampir semua orangtua yang punya anak usia bayi dan balita, pasti pernah mendapati anak melakukan gerakan tutup mulut. Padahal kalau terus dibiarkan, anak bisa mengalami gangguan pencernaan, diiringi dengan gejala muntah, perut kembung, rewel dan sebagainya. 

Pada dasarnya banyak faktor yang membuat anak malas makan. Entah itu karena bosan dengan lauknya, rasanya hambar, terlalu asyik main atau hal lainnya yang tak terduga. 

Dengan 6 trik ini, Anda pasti merasa terbantu saat menghadapi anak yang malas makan. Dilansir Okezone dari situs resmi SGM Bunda Presinutri+, berikut ulasan selengkapnya.

Baca Juga :

5 Gaya Outfit Sri Mulyani yang Asyik, Menteri Favorit Generasi Milenial

  • Ingat ya, jangan paksa anak untuk makan

Biasanya tanda-tanda anak malas makan salah satunya rewel dan menangis. Tapi bukan berarti berarti dia kelaparan kok. Kalau si kecil malas makan, jangan malah dipaksa, seperti dijejali makanan, diomeli dan sebagainya ya! Hal itu kurang tepat dilakukan karena malah semakin membuat anak sering malas makan. 

  • Harus pintar memasak variasi menu makanan

 Ada kalanya si kecil bosan makan karena faktor menu makanannya. Maka usahakan memasak variasi menu makanan yang berbeda-beda setiap hari. Coba bayangkan kalau Anda diberikan makanan satu menu dari pagi sampai malam, reaksinya sama saja membuat Anda bosan kan Moms!

  •  Biarkan anak fokus makan

 Ketika menyuapi si kecil, jangan sembari menonton televisi atau gadget. Hal itu membuat anak tidak fokus makan dan malahan tidak menghargai sajian makanan yang diberikan. Mulai sekarang, jika Anda terbiasa melakukan hal itu, tolong hentikan ya!

  •  Ajari anak makan sendiri

 Tak ada salahnya bayi dan balita diajarkan untuk makan sendiri. Hal itu jelas salah satu cara melatih kemandirian si kecil lho Moms! Usia yang tepat untuk mengajarkan mereka makan sendiri adalah 7-12 bulan. Manfaatnya kalau mereka mau makan sendiri bisa menambah nafsu makannya lho.

  •  Tawari anak makan di jam yang tepat

 Buah hati Anda butuh mengenal proses penawaran sesuatu agar dia bisa menentukan pilihan. Misalnya, tawari dia makan di jam yang tepat. Ketika si kecil menolak, jangan bosan untuk terus mencoba lagi ya. Pastikan dia mau dan menerima permintaan Anda.

  • Biasakan bayi makan bersama-sama

 Tak ada salahnya lho Moms membiasakan si kecil makan bersama di meja makan. Cara ini bids membangun bonding dengan keluarga, serta membuat anak nyaman. Malahan, dia juga nafsu makannya akan terjaga secara alami.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini