nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Telinga Anak Zaskia Adya Mecca Kemasukan Semut, Ini Bahaya Bisa Terjadi

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 19 Oktober 2018 14:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 19 481 1966204 telinga-anak-zaskia-adya-mecca-kemasukan-semut-ini-bahaya-bisa-terjadi-vivpNYGwIo.jpg Bahaya yang bisa terjadi saat serangga masuk telinga (Foto:Ilustrasi/Ist)

KEJADIAN tidak terduga pada anak yang membuat orangtua panik dan khawatir bisa terjadi kapan saja. Walaupun anak selalu berada dalam pengawasan orangtua, bukan berarti bisa aman sepenuhnya. Hal inilah yang baru saja dialami oleh artis Zaskia Adya Mecca.

Melalui Instagram Story di akun pribadinya, ibu 4 orang anak itu membagikan cerita bahwa anak keduanya, Kala Madali Bramantyo mengalami kejadian yang bisa dikatakan cukup berbahaya bila tidak ditangani dengan segera. Telinga bocah kelahiran 2 Agustus 2013 itu kemasukan semut yang untungnya sudah dalam keadaan mati. Hanya saja, semut itu tetap menempel di telinga karena terlalu lengket.

“Oke mau cerita sedikit soal Kala hari ini. Jadi hari ini dia aku bawa ke THT karena sekitar 3 minggu yang lalu aku iseng ngecek kuping anak-anak, ternyata di kupingnya Kala ada semut mati. Itu yang bikin agak tenang. Tadinya mau langsung ke THT tapi aku mau coba nunggu karena biasanya ‘kan kuping bisa mengeluarkan kotoran atau benda asing sendiri.,” cerita Zaskia seperti yang dikutip Okezone, Jumat (19/10/2018).

“Tapi setelah 3 minggu kok enggak keluar-keluar si semut itu yang sudah mati di dalam telinga. Akhirnya hari ini diambil dan ternyata penting banget ibu-ibu kita ngecek telinga enam bulan sekali, apalagi yang punya anak karena kita enggak tahu. Dan semut kalau masih hidup masuk lewat kuping atau manapun bahaya banget bisa nyampe ke otak,” lanjut istri Hanung Bramantyo itu.

(Baca Juga: Niat Minta Tolong, Foto Wanita Ini Malah Jadi Korban Keisengan Netizen)

(Baca Juga: Cobalah Posisi Seks Unicorn, Bisa Bawa Anda ke Negeri Dongeng)

(Baca Juga: 5 Gaya Outfit Sri Mulyani yang Asyik, Menteri Favorit Generasi Milenial)

 

Sementara itu, mengutip Medical News Today, dikatakan serangga seperti semut dapat masuk ke telinga dan bahkan tinggal selama beberapa waktu. Namun biasanya ketika ada semut masuk ke telinga, hewan kecil tersebut langsung mati. Tapi tidak menutup kemungkinan semut akan tetap hidup dan terus bergerak. Hal inilah yang biasanya menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Dalam banyak kasus, semut yang masuk ke telinga tidak menyebabkan masalah yang signifikan. Hanya saja tetap mendapat perhatian khusus karena terkadang dapat menyebabkan komplikasi seperti infeksi, peradangan, atau bahkan pecah gendang telinga. Kondisi ini dikarenakan semut yang masih hidup masih dapat terus menyengat dan membuat goresan di dalam telinga.

Beruntung ada cara pencegahan yang bisa dilakukan oleh orangtua agar telinga anak tetap aman. Pertama, bila semut masih hidup, cobalah teteskan minyak zaitun atau minyak sayur ke telinga karena bisa membuatnya mati. Kemudian apabila semut sudah mati miringkan kepala dan goyangkan kepala. Hindari penggunaan pinset, penyeka berujung kapas, atau benda lain ke telinga karena dapat mendorong semut masuk lebih jauh ke arah gendang telinga sehingga berpotensi menyebabkan cedera dan kehilangan pendengaran.

Tak sedikit kasus yang menunjukkan komplikasi terjadi lebih parah karena orang berusaha memasukkan benda asing ke telinganya ketika ingin mengeluarkan semut. Di sisi lain, apabila semut tak kunjung keluar, segeralah pergi menemui dokter THT seperti yang dilakukan Zaskia. Begitu juga dengan anak yang memiliki masalah infeksi telinga, harus langsung ditangani dokter dibanding menunggu semut keluar sendiri.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini