Share

Pilih-Pilih Film Animasi untuk Anak? Ini Deretan Film Animasi Klasik Disney yang Sebaiknya Tidak Ditonton

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 20 Oktober 2018 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 20 196 1966596 pilih-pilih-film-animasi-untuk-anak-ini-deretan-film-animasi-klasik-disney-yang-sebaiknya-tidak-ditonton-8OPRWExY0w.jpg Animasi Film Disney (Foto: Pixabay)

Memilih-memilih film animasi untuk ditonton oleh anak itu wajib adanya. Sebab jika tidak diawasi, anak berpeluang besar dapat menonton tayangan film animasi yang kurang tepat untuk anak seusianya.

Bicara film animasi, biasanya yang menjadi pilihan dari banyak orangtua adalah film animasi klasik keluaran Disney. Tapi jangan gegabah, karena ternyata tak semua film animasi klasik keluaran Disney ini, secara bebas ditonton oleh anak-anak kita. Pasalnya, ada beberapa judul film yang diketahui sebaiknya tidak ditonton oleh anak karena mengandung pesan moral yang kurang baik dicerna untuk anak.

Lalu apa saja film animasi Disney yang sebaiknya tidak ditonton oleh anak-anak tersebut? Melansir Independent, Jumat (19/10/2018) berikut penjelasan singkat lima daftar judul film animasi Disney yang dimaksud.

1. Snow White and the Seven Dwarves (1937) : Ialah film animasi pertama berdasarkan kisah Brothers Grimm. Menggambarkan bagaiman Snow White sukses melawan tokoh karakter jahat, Sang Ratu jahat yang cemburu dengan karakter Snow White, di mana sang Ratu memiliki mantra "Siapa yang paling cantik dari mereka semua?". Menyerukan gagasan bahwa perempuan diadu satu sama lain dan berhasil karena dinilai dari penampilan luar saja.

2. Beauty and the Beast (1991) : Disebutkan sebagai film animasi dengan plot potensi erotis subversif. Film ini intinya adalah tentang Belle yang mengalah pada Stockholm Syndrome karena dia ditawan oleh seorang pangeran arogan yang dikutuk untuk hidup sebagai binatang buas. Menampilkan ide bahwa sebagai wanita, kita bahkan harus rela mencintai binatang buas yang pemarah dengan harapan untuk mengubahnya.

3. Cinderella (1950) : Salah satu film animasi yang dilarang oleh aktris cantik, Keira Knightley ditonton oleh anak perempuannya. Dengan alasan tokoh Cinderella selamat karena menunggu pertolongan dari pria kaya impiannya, bukan dengan usaha menyelamatkan dirinya sendiri. Disebutkan karena film ini memposisikan kepasifan sebagai kualitas perempuan yang heroik.

4. Sleeping Beauty (1959) : Dikatakan sebagai film animasi yang hanya mengisahkan tentang seorang puteri yang diselamatkan dari tidur abadi oleh ciuman seorang pangeran. Ciuman yang terjadi tanpa persetujuannya karena tokoh sang putri sedang tidak sadar.

5. Aladdin (1992) : Terlepas dari fakta bahwa Putri Jasmine semangat dan berpendirian keras untuk bisa berhasil melarikan diri dari istana untuk menjelajahi kehidupan nyata. Tetapi sayangnya penggambaran visual yang kasar dari orang-orang Arab tidak memiliki tempat di titik temu utopia budaya yang sedang coba dibangun.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini