nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Resep Japchae, Makanan Korea Enak yang Mudah Dibuat

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 22 Oktober 2018 20:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 22 298 1967478 resep-japhae-makanan-korea-enak-yang-mudah-dibuat-QoxuHBhzRC.jpg Japchae (Foto: April/Okezone)

PENGARUH budaya Korea tidak hanya memengaruhi masyarakat Indonesia hanya dari lagu-lagunya saja. Tapi, kebudayaan Korea seperti makanannya pun turut digilai oleh masyarakat terutama mereka yang berambisi ingin langsung mengunjunginya.

Bagi kamu yang ingin menjadikan salah satu menu masakan Korea sebagai santapan, tapi tidak memiliki cukup uang untuk membelinya di restoran, tidak perlu sedih. Pasalnya, kamu pun masih dapat menikmati masakan Korea seperti japchae yang bisa dibuat di rumah.

Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan cara membuat yang cukup singkat, berikut resep dan langkah memasak japchae a la Astrilia Kitchen, yang langsung mempraktikannya siang tadi dalam acara Diskusi Atasi Malnutrisi dengan Pangan Terjangkau dan Bergizi, di Jakarta Selatan, (22/10/2018).

(Baca Juga: Bergaya dengan Daster ala Emak-Emak, 5 Artis Ini Tetap Cantik)

Bahan-bahan:

150 gram daging sukiyaki

150 gram bihun

10 buah jamur champignon

100 gram jamur kuping

2-3 siung bawang putih

1 buah bawang Bombay

2 butir telur

150 gram bayam

2-3 batang daun bawang

1 batang wortel lokal

Setengah paprika merah dan hijau

Lada hitam

Garam jika perlu

Minyak sayur untuk menumis

Gula pasir

Minyak wijen

Biji wijen yang sudah dipanggang

Kecap asin

(Baca Juga: Pramugari Ini Viral Setelah Penumpang Memotretnya Diam-Diam, Captionnya Bikin Mata Melotot!)

Cara membuat

1. Tempatkan daging sukiyaki dan tiga buah jamur champignon yang sudah diiris ke dalam wadah. Beri satu sendok teg bawang putih cincang, satu sendok the kecap asin, dan satu sendok the minyak wijen. Tutup dengan plastik, lalu simpan dalam kulkas.

2. Buat dadar gulung tipis menggunakan dua butir telur. Bumbui dengan beri sedikit garam, iris tipis-tipis. Sisihkan.

3. Iris semua sayur, siapkan wadah agar mudah memasknya

4. Didihkan air di dalam panci, lalu rebus bayam sebentar saja. Setelah itu, segera rendam di dalam air es, lalu tiriskan, potong-potong, bumbui dengan satu sendok the kecap asin, dan satu sendok the minyal wijen. Sisihkan.

5. Panaskan sedikit minyak sayur di wajan

6. Tumis sayur satu per satu bergantian mulai dari warna sayur yang paling terang hingga paling gelap, setelah matang sisihkan.

7. Panaskan sedikit minyak sayur, lalu tumis daging sukiyaki dan jamur yang sudah dimarinasi hingga matang.

8. Rebus air hingga mendidih. Lalu rebus bihun hingga matang atau sesuai instruksi pada kemasan. Angkat lalu bumbui dengan satu hingga dua sendok the kecap asin, satu sendok teh gula pasir, satu hingga dua sendok the minyak wijen, aduk rata.

9. Masukan semua sayur dan daging yang tadi sudah matang ke dalam wadah yang sama dengan bihun. Aduk rata, cicipi untuk koreksi rasa.

10. Terakhir, taburi dengan telur dadar iris dan biji wijen panggang.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini