nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Tertawa Terlalu Keras, Kematian Akan Menghantui Kamu!

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Senin 22 Oktober 2018 13:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 22 481 1967238 jangan-tertawa-terlalu-keras-kematian-akan-menghantui-kamu-lj9zYAwbSP.jpg Tertawa (istock)

TERTAWA memang sesuatu hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Dengan tertawa, rasanya mungkin seperti melepaskan beban pikiran sejenak dan dapat merilekskan pikiran. Selain itu, tertawa pun dapat membuat seseorang merasa bahagia dan lebih baik.

Apalagi jika sedang berkumpul bersama dengan teman-teman mau pun keluarga. Terkadang mungkin, Anda tertawa sampai perut Anda terasa sakit dan dada terasa sesak saking lucunya lelucon yang didengar. Tertawa memang baik bagi kesehatan tubuh dan pikiran Anda.

  Baca juga: Penerbangan Paling Singkat Sedunia, Cuma Butuh Waktu 1,5 Menit!

Tertawa

Namun, tertawa berlebihan atau terlalu keras justru dapat membahayakan diri Anda terutama apabila memiliki masalah medis seperti kelainan jantung, penyakit paru-paru dan lain sebagainya. Dan bahaya terburuk yang bisa Anda hadapi akibat tertawa terlalu keras adalah kematian.

Dilansir dari Timesofindia, Senin (22/10/2018), 10 orang bahkan dikabarkan telah meninggal dunia akibat tertawa secara berlebihan. Akan tetapi, hal itu bukan disebabkan karena tawanya, melainkan reaksi tubuh yang timbul saat tertawa yang dapat berujung dengan risiko kematian. Ada beberapa alasan medis mengapa tertawa keras dapat membunuh seseorang.

 Baca juga: Kenalkan si Bullet, Anjing Chihuahua yang Pandai Menari Bambu

Salah satu alasannya mengapa tertawa dapat mengakibatkan kematian antara lain adalah, ketika tertawa terlalu keras, hal ini akan menimbulkan serangan jantung, paru-paru, kolaps, hernia strangulata, stroke, rupture aneurisma otak dan kejang gelastik. Selain itu, kemungkinan yang lainnya adalah Anda dapat mengalami cataplexy. Cataplexy adalah suatu kondisi di mana Anda sadar tetapi tidak dapat menggerakkan otot-otot.

 Tertawa

Tertawa terlalu keras atau berlebihan juga dapat menyebabkan sinkop atau pingsan. Sinkop adalah hasil dari suatu situasi ketika seseorang terlalu berlebihan saat tertawa yang kemungkinan berisiko pada tingkat pernapasan. Pada akhirnya, hal ini akan menyebabkan Anda terlalu banyak kehilangan karbon dioksida dalam tubuh. Sehingga tertawa berlebihan dapat membuat Anda merasa pusing dan bahkan pingsan.

 Baca juga: Tidur Siang di Kantor, Membuat Pegawai Lebih Cerdas Ambil Keputusan

Jadi, meskipun menyenangkan, berusahalah untuk mengontrol tawa Anda apabila sedang bersenda gurau dengan keluarga atau pun teman-teman Anda. Karena apabila Anda terlalu keras saat tertawa, hal ini justru akan mengubah kesenangan Anda menjadi sebuah malapetaka yang berujung dengan kematian.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini