nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Mengejutkan, Tisu Toilet Ternyata Lebih Kotor daripada Dudukan Toilet

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 22 Oktober 2018 16:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 22 481 1967258 fakta-mengejutkan-tisu-toilet-ternyata-lebih-kotor-daripada-dudukan-toilet-WPesmx6vPc.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SAAT menggunakan toilet umum yang berbentuk toilet duduk, sebagian besar orang sangat berhati-hati dan menjaga kebersihan. Mereka melakukan apa saja demi tidak tertular bakteri yang menempel di permukaan toilet.

Mulai dari mengelap dengan tisu yang sudah diberi semprotan antiseptik hingga melapisi permukaan toilet duduk dengan tisu gulung. Cara seperti ini tentu Anda anggap lebih higienis dibandingkan langsung mendudukinya, bukan?

Meski langsung menduduki toilet umum tidak dianjurkan, tapi melapisi toilet dengan tisu gulung pun justru lebih mengerikan bakterinya. Tisu yang dianggap sebagai perisai pelindung dari bakteri ternyata malah menjadi cara yang kurang tepat dalam menghindari bakteri.

Mengapa demikian? Seperti yang dikutip Okezone dari laman Mirror, Senin (22/10/2018), kursi toilet sebenarnya dirancang untuk secara tidak langsung untuk menghindari kuman, karena bentuk dan permukaannya yang halus, sehingga akan membuat bakteri kesulitan untuk menempel.

Baca Juga: Indehoy di Siang Bolong, Pasangan Ini Jadi Tontonan Warga Pasar

Bahkan menurut Philip Tierno, professor klinis departemen mikrobiologi dan patologi di NYU Langone Medical Center, mengatakan toilet duduk yang lebih bersih daripada wastafel. “Faktanya bagian atas toilet duduk jauh lebih bersih daripada wastafel kebanyakan toilet,” jelasnya.

Lebih lanjut Philip pun mengungkap, jenis bakteri yang ditemukan di permukaan toilet duduk pun relatif lebih cepat mati dibandingkan bakteri di spot toilet lainnya.

Di sisi lain, tisu gulung yang dianggap bersih oleh masyarakat, malah lebih mudah menyerap, sehingga menjadikannya tempat ideal bagi bakteri untuk menempel. Jadi, Anda bisa simpulkan sendiri, alasan melapisi toilet duduk dengan tisu bukanlah tindakan yang tepat.

Baca Juga: Pramugari Ini Viral Setelah Penumpang Memotretnya Diam-Diam, Captionnya Bikin Mata Melotot!

Selain karena tekstur permukaan tisu gulung yang kasar, letak keberadaannya yang ada di sebelah toilet pun jadi alasan. Tisu gulung lebih banyak dihuni bakteri karena bakteri setelah flush diputar dapat berpindah ke tisu.

Mendalami keberadaan bakteri di tisu gulung, sebuah studi menunjukkan setiap flush yang dilakukan seseorang setelah buang air besar, ternyata bakteri tinja dapat tersebar melalui udara. Selain itu, tidak menutup kemungkinan dan akan sangat mudah hinggap di gulungan tisu toilet, karena letaknya tepat di sebelah toilet.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini