Bakteri Salmonella Mengintai, Hindari Konsumsi Ayam Mentah Atau Setengah Matang

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 22 Oktober 2018 14:46 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 22 481 1967297 bakteri-salmonella-mengintai-hindari-konsumsi-ayam-mentah-atau-setengah-matang-sHRs6NzB9R.jpg Ilustrasi (Foto: abelandcole)

LEMBAGA kesehatan Amerika Serikat kembali memperingatkan warganya tentang wabah salmonella yang berkaitan dengan ayam mentah. Menurut laporan, Centers for Disease Control, setidaknya 92 orang mendadak jatuh sakit dan 21 di antaranya terpaksa di larikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Kejadian ini bermula ketika para korban mengonsumsi produk ayam yang dibeli dari lokasi berbeda, pada rentan waktu 19 Januari hingga 9 September 2018. Pihak CDC menegaskan bahwa tidak ada korban meninggal dalam insiden tersebut, namun sang pemasok ayam belum dapat diidentifikasi hingga sekarang.

Lebih dari 54 korban diwawancarai secara khusus untuk mengetahui duduk perkara yang sebenarnya. Empat puluh delapan orang melaporkan bahwa mereka mengonsumsi ayam yang dibeli dalam keadaan mentah.

 (Baca Juga:Hiii... Hantu Kapten Kapal Titanic Nongol di Foto Pasangan Ini)

Satu orang mengklaim jatuh sakit setelah hewan peliharaannya memakan daging ayam mentah, dan yang lain mengatakan mereka tinggal dengan seseorang yang bekerja di sebuah tempat pemotongan ayam.

Wabah ini ternyata tidak berasal dari satu wilayah saja, tetapi ada beberapa wilayah yang mengalami dampaknya seperti di Pantai Timur. Jumlah terbesar korban jatuh sakit berada di Penssylvania (11), diikuti oleh New York (10), MAssachusetts (9), dan New Jersey (9).

 

Dilansir Okezone dari Foodbeast, Senin (22/10/2018), konsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri salmonellla memang dapat menyebabkan salmonellosis, sebuah penyakit bawaan makanan yang paling umum dari bakter. Gejalanya termasuk diare, kram perut, demam selama kurang lebih 12 hingga 72 jam.

 (Baca Juga:5 Keuntungan kalau Kamu Rutin Lakukan Foot Spa)

Kondisi tersebut biasanya akan hilang setelah mendapatkan perawatan selama kurang lebih empat hingga tujuh hari. Kebanyakan orang bahkan sembuh tanpa pengobatan sama sekali.

Kendati demikian, para ahli telah mengidentifikasi bahwa bakteri salmonella tahan terhadap beberapa jenis antibiotik. Penelitian ini juga dibuktikan dengan sampel darah orang-orang yang sakit karena mengonsumsi ayam mentah atau setengah matang.

Oleh karena itu, CDC menghimbau agar masyarakat mencuci tangan sebelum makan atau menyiapkan makanan, dan selalu gunakan termometer memasak untuk memastikan "apakah daging sudah matang sempurna?". Dua cara inilah yang sangat ampuh untuk menghindari Anda dari keracunan makanan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini