Kekinian, Didiet Maulana Kawinkan Tenun Ikat dengan Animasi Ikonik Mickey Mouse

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 23 Oktober 2018 10:42 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 23 194 1967678 kekinian-didiet-maulana-kawinkan-tenun-ikat-dengan-animasi-ikonik-mickey-mouse-yCKgnS8Ll5.jpeg Tenun ikat bertemu dengan Micky Mouse (Foto:Pradita/Okezone)

TIDAK disangkal, salah satu tokoh animasi klasik keluaran Disney yang paling lekat di benak masyarakat adalah sosok Mickey Mouse.

Dalam segi fesyen, Mickey Mouse identik dengan busana anak-anak. Akan tetapi, ternyata sosok ikonik Mickey Mouse ini masih bisa diaplikasikan dalam busana orang dewasa ready to wear. Tidak hanya di busana orang dewasa, tetapi ide besar sosok Mickey Mouse ini bisa diimplementasikan juga dalam salah satu wastra tradisional Indonesia, tenun.

 Viral Curhatan Kaesang Pangareb: Saya Tidak Pernah Diajak Lagi, Cuitan Netizen Bikin Ngakak!

Tengok saja kreasi apik dan cantik dari desainer mode tenun Ikat, Didiet Maulana dalam perhelatan hari ketiga pekan mode bergengsi, Jakarta Fashion Week 2019. Tahukah Anda, tahun ini Didiet Maulana terpilih sebagai salah satu desainer yang berkolaborasi langsung dengan Disney, dalam rangka anniversary Mickey Mouse yang ke-90 tahun.

Dalam pantauan langsung Okezone, Senin (22/10/2018) di panggung runway, Didiet berhasil menampilkan dengan brilian desain busana tenun dengan “twist” Mickey Mouse. Misalnya 7/8 dress dipasangkan dengan long cardigan bergambar Mickey, lalu sweatshirt dengan motif Mickey sebagai atasan di mix and match bersama kain tenun ikat yang dililit sedemikian rupa sehingga menjadi seperti rok bawahan, jaket bomber, sleeveless dress patern Mickey di-layer bersama dress tenun. Hingga potongan setelan kemeja lengan pendek dan celana pendek full pattern kombinasi Micky Mouse dan tenun.

 

Menyatukan ikon klasik Mickey Mouse dengan tenun Ikat, diakui Didiet bukan jadi pekerjaan yang mudah untuk dirinya sebagai desainer.

“Implementasi tenun dan animasi ini, nyatuinnya sangat tricky, challenging banget. Kalau tenun banyak motif yang ingin diakomodir untuk masuk, kami pilih beberap karakter tenun ikat yang bisa nyambung sama Mickey. Awalnya sempet ragu boleh enggak ya logo Mickey dibikin karakter kaya ada tenun ikatnya, lalu dari pihak Disney lihat dulu desainnya, lalu diterima. Feedback nya bilang ini kolaborasi paling keren,” jelas Didiet saat ditemui Okezone, Senin (22/10/2018) sesaat sebelum gelaran fashion show “ Mickey Mouse’s 90th Anniversary”, Jakarta Fashion Week, Senayan.

 

Tampil memamerkan hasil karyanya malam ini, Didiet diketahui menampilkan kurang lebih 12 look yang ditunjang dengan penggunaan berbagai aksesori berbau Mickey, mulai dari sepatu sneakers bergambar Mickey, waist bag, topi baseball, anting veil berbentuk Mickey, boneka Mickey berbalut kemeja tenun limited edition, sampai scarf.

Untuk sentuhan warna, Didiet menambahkan koleksi rancangan ini hadir dengan warna-warna earth tone yang mana selama ini menjadi salah satu gaya khas dari tenun Ikat ala Didiet Maulana.

“Main warna alami, merah kayak buat tenun ikat, earth color, warna-warna alami lah kayak biru, coklat krem, abu-abu,” tambahnya.

Sementara itu, untuk proses pembuatan koleksi kali ini, pria berkacamata ini diketahui membutuhkan waktu pembuatan sekitar lima bulan. Mulai dari proses riset, sketsa, pemilihan bahan, sampai produksi.

“Proses pembuatan ya sekitar lima bulan lah. Kita mulai riset dulu, sebab di luar negeri yang diajak kolaborasi brand-bran besar kayak Gucci dan Marc Jacob. Kekuatan brand kami ada di riset, sudah tahu apa yang mau ditampilkan. Buat saya ngebawa nama negara, serius banget garap riset. Walau dijual tak terlalu mahal bukan berarti nurunin kualitas, tetap kualitas nomor satu, nunjukkin kreativitas itu terjangkau,” imbuhnya.

 Kecebur Kolam Buaya, 3 Pawang Langsung Lari Kocar-kacir

Untuk para wanita yang mengenakan hijab alias hijabers, atau wanita yang suka memakai busana bergaya modest wear. Tenang saja, sebab koleksi tenun ikat Didiet Maulana ini tetap bisa dikenakan, kuncinya ada di padu-padan.

“Ada jogger pants, ada scarf yang lebar bisa buat kerudung untuk Muslimah. Lalu misal pun nerawang, posisinya kan outerwear jadi ya tetap di dalam harus kenakan dalaman lagi,” tandas Didiet.

Koleksi kolaborasi tenun ikat Didiet Maulana dan Disney ini sendiri dijual melalui platform e-commerce online, dengan banderolan harga mulai dari Rp200 ribu sampai Rp800 ribu.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini