nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inspirasi Busana Hanbok untuk yang Berhijab

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Selasa 23 Oktober 2018 23:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 23 194 1968054 inspirasi-busana-hanbok-untuk-yang-berhijab-r9CUMIaYJo.jpg Koleksi busana terinspirasi dari hanbok pria (Foto: Sayee.ig/Instagram)

BAGI Anda yang pernah menonton drama korea, mungkin pernah melihat seperti apa pakaian hanbok ala Negeri Gingseng tersebut. Namun, lini busana Sayee baru meluncurkan koleksi busana unik yang terinspiasi dari pakaian hanbok pria ala Korea.

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa pakaian wanita bisa terinspirasi dari hanbok pria? Pakaian transformasi habok Korea ini telah dinilai sebagai fashion statement di negara Korea sendiri. Baju hanbok pun sebenarnya lebih sering dipakai oleh para anggota militer, polisi, mau pun para raja di Korea.

“Baju ini memang terlihat seperti dress. Namun sebenarnya, baju-baju ini biasanya dipakai oleh para anggota militer atau bahkan raja di Korea,” kata Joon-Woon Baek, selaku director dari Sayee, yang ditemui Okezone di daerah Jakarta Selatan, Selasa (23/10/2018).

 (Baca Juga:Dari Ussy Sulistiawaty hingga Mulan Jameela Tampil Cantik Bawakan Koleksi "Coral Reefs" Si.Se.Sa di JFW 2019)


Di Korea, apabila seorang wanita ingin menjadi seorang profesional seperti menjadi dokter, mereka menggunakan hanbok pria untuk memudahkan mereka bergerak. Karena pakaian hanbok wanita sendiri memang lebih rumit dan cenderung berat sehingga akan menyulitkan mereka untuk bergerak.

Pakaian hanbok wanita pun jarang untuk digunakan sebagai pakaian sehari-hari mereka. Untuk perancangan dan pembuatan dari pakaian hanbok modern ini pun di buat asli dari Korea.

“Semua model dan desain ini diciptakan oleh desainer asal Korea,” jelas Joon.

 (Baca Juga:JFW 2019: Kahiyang Tampil Simple, Vina Panduwinata Beri Kejutan dengan Berhijab!)

Dalam karya terbarunya ini, Sayee mencoba memberikan influens baru dengan bertujuan untuk berpakaian sopan, dan tertutup, namun tetap terlihat elegan.

“Melalui rangkaian koleksi kedua kami yang bertajuk Wear Your Oriental, kami memulai ide orisinal tentang kesederhanaan dan kesopanan dalam budaya yang berbeda seperti yang ditunjukkan melalui gaya Cheol-Lik (jaket panjang). Struktur Cheol-Lik ini sendiri pun menjadi elemen utama untuk mempresentasikan rasa peraya diri,” papar Joon.

Selain itu, Sayee juga memiliki deretan koleksi hijab yang berkolaborasi dengan oriental painter yaitu Chae Dayoung untuk mengembangkan pola hijab dengan seni oriental kontemporer.

Karya terbaru Sayee pun dirancang dengan variasi pakaian modest, hijab, dan aksesori yang menggunakan kombinasi modert serta urban yang menonjolkan sebuah karakter yang menjadi estetika personal.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini