nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Rahasia Mengolah Burger Selezat Restoran Gordon Ramsay

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 23 Oktober 2018 20:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 23 298 1968000 5-rahasia-mengolah-burger-selezat-restoran-gordon-ramsay-2qKVM2WeF8.jpg Ilustrasi (Foto: Hellskitchen)

MEMBUAT olahan burger yang lezat bisa dibilang susah-susah gampang. Selain memilih bahan makanan yang berkualitas, teknik pemanggangannya perlu diperhatikan dengan teliti. Nah, untuk urusan membuat olahan burger ini, celebrity chef Gordon Ramsay adalah jagoannya.

Dilansir Okezone dari Independent, Selasa (23/10/2018), pria asal Inggris itu sempat membagikan 5 rahasia mengolah “burger terlezat” melalui channel YouTube Good Morning America. Menurut Ramsay, pemilihan daging berkualitas merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk mengolah burger.

Dalam video itu, Ramsay mengatakan, “rahasia membuat burger yang lezat tergantung dari bahan campurannya. Restoranku menggunakan daging jenis sampil (chuck) dan sedikit sandung jamur (brisket). Ini adalah bagian daging sapi yang paling menakjubkan”.

 (Baca Juga:Dingin-Dingin Enaknya Santap Sup Enoki Kembang Kol dan Empal Gepuk Goreng)

Setelah memilih daging yang tepat, daging tersebut kemudian dicampurkan dengan telur, lalu ditiriskan selama kurang lebih satu hari penuh. Daging burger pun siap untuk dipanggang.

 

Eits, tunggu dulu! Anda tidak bisa sembarangan menempatkan daging di atas pangganan dan membolak-baliknya menggunakan patula. Menurut Ramsay, olahan daging yang sempurna adalah daging yang tidak dipindahkan sejak pertama kali diletakkan di atas panggangan.

“Setelah Anda meletakkan daging di atas panggangan, rahasianya adalah memindahkan daging tersebut sesekali saja, kalau perlu tidak sama sekali. Semakin banyak Anda menggerakkan daging, teksturnya akan semakin pecah,“ tegas Ramsay.

Tips ketiga adalah memberikan topping tambahan. Ramsay selalu menambahkan irisan bawang bombay pada setiap olahan burgernnya. Berdasarkan pengakuan pria berusia 51 tahun itu, “menambahkan bawang segar atau yang sudah di panggang, merupakan komponen untuk menciptakan burger yang sempurna,”.

 (Baca Juga: Suka Makan Ayam? Yuk, Masak Ayam dengan Rasa Unik Ini )

Namun perlu diketahui bahwa, bawang mentah cenderung memiliki tekstur yang lebih keras, asam, dan menyamarkan rasa lainnya. Oleh karena itu, ia merekomendasikan untuk menggunakan bawang yang sudah dipanggang.

 

Anda dapat menempatkan bawang di atas panggangan dengan roti, dan pastikan untuk meletakkannya secara utuh agar tidak berantakan. Untuk menambah cita rasanya, Ramsay mengandalkan mentega. Teknik ini juga digunakan oleh koki di restorannya yang berada di Las Vegas, Amerika Serikat.

Tidak hanya itu, saat proses pemanggangan sedang berlangsung, Ramsay selalu mengoleskan mentega cair di kedua sisi burger. Cara tersebut sangat ampuh untuk meningkatkan cita rasa burger. Sebagai variasi, Ramsay juga merekomendasikan penggunaan red wine atau chipotle untuk menambah aromanya.

Tips terakhir adalah menyusun burger dengan tepat. Untuk melakukan langkah ini dengan benar, Anda bisa menyiapkan bahan-bahan lain terlebih dahulu, sehingga proses tersebut dapat langsung dilakukan ketika daging burger selesai dimasak.

“Ini tips yang sangat penting. Mengapa? Jangan biarkan daging menjadi dingin, karena rasanya lebih lezat ketika disajikan hangat. Produk akhirnya adalah olahan burger lezat lengkap dengan roti panggang, caramelised onion, keju, selada, tomat, dan mayo,” tukasnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini