nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di Cirebon Ada Whiski Halal Buatan para Santri

Fathnur Rohman, Jurnalis · Selasa 23 Oktober 2018 21:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 23 298 1968052 di-cirebon-ada-whiski-halal-buatan-para-santri-oPtJDmikhB.JPG Whiski Santri (Foto: Ist)

JIKA kita mendengar kata whiski, maka kita pasti akan tertuju pada salah satu jenis minuman beralkohol yang memabukkan. Di Kota Cirebon, Jawa Barat, ternyata ada satu whiski unik, yang justru bisa dinikmati oleh kalangan santri di Pondok Pesantren.

Whiski asal Cirebon ini dinamakan whiski santri. Jika meminumnya, kita akan terjaga dari rasa kantuk, serta terhindar dari rasa mabuk.

Whiski Santri ini sebenarnya bukan minuman beralkohol, melainkan seduhan kopi yang dibuat dengan metode berbeda dari umumnya, yakni seduhan dingin atau Cold Brew. Kopi buatan Saung Perjuangan ini dikemas dalam botol kaca, mirip minuman whiski.

BACA JUGA:

 Babymoon Mesra Hamish-Raisa yang Pamer Perut Buncit, Duh Bikin Baper Deh

Minuman tersebut resmi diperkenalkan kepada masyarakat luas pada puncak peringatan Hari Santri Nasional (HSN), 22 Oktober 2018 kemarin.

"Kami melaunching-nya pas dengan momentum HSN 2018 kemarin," ujar Abdurrokhim, pemilik Saung Perjuangan Cirebon, Selasa (23/10/2018).

 Hal itu senada dengan program pemerintah, yang sedang meminimalisasi peredaran alkohol dan narkoba.

Pria yang akrab disapa Kim ini menjelaskan, bahwa pemberian nama whiski Santri sendiri dari bahasa Cirebon, yakni Wiskie Santri, yang berarti whiskinya Santri. Kim sendiri sengaja memberi nama itu pada minuman yang dibuatnya. Ia bertujuan untuk mengajak generasi muda terutama para santri agar tidak meminum minuman keras (alkohol). Hal itu senada dengan program pemerintah, yang sedang meminimalisasi peredaran alkohol dan narkoba.

"Wiskinya santri itu ya kopi, dan sehari-hari santri tidak lepas dari kopi. Bahkan sudah membudaya," katanya.

Menurutnya , budaya ngopi di pondok pesantren itu sudah ada sejak puluhan tahun lalu. "Saya tahu, karena saya sempat masuk pesantren juga. Di sana kental sekali budaya ngopi," ungkap Kim.

Whiski Santri sendiri, terbuat dari biji kopi Arabika yang berasal dari desa Cibunar, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Biji kopi itu dipilih serta digiling. Lalu kemudian diseduh dengan air dingin dan difermentasi kurang lebih 18 jam. Whiski Santri original memiliki rasa asam yang khas, dengan karakter asam yang segar.

BACA JUGA:

 Power Rangers Hadir di Jakarta Fashion Week 2019?

Bagi para pecinta kopi, Whiski Santri ini sangat cocok untuk dinikmati, khususnya bagi para pelancong yang berkunjung ke Kota Cirebon.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini