Menurunkan Hipertensi dengan Rutin Menggosok Gigi, Fakta atau Mitos?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 23 Oktober 2018 11:45 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 23 481 1967688 menurunkan-hipertensi-dengan-rutin-menggosok-gigi-fakta-atau-mitos-ZcQosxJk6z.jpg Gosok gigi erat hubungan dengan hipertensi? (Foto:Dailymail)

SELAMA ini mungkin Anda beranggapan bahwa menggosok gigi hanya untuk membersihkan gigi dan lidah. Tapi, ada manfaat jauh lebih dari sekadar membersihkan.

Ya, peneliti belum lama ini menjelaskan bahwa menggosok gigi dapat mencegah Anda mengembangkan tekanan darah tinggi.

Dikutip dari Daily Mail, Selasa (23/10/2018), para peneliti mengatakan mereka yang memiliki gusi yang lebih sehat dan sedikit kerusakan gigi, memiliki tekanan darah lebih rendah dan mendapat manfaat lebih banyak dari obat hipertensi mereka.

Menggemaskan, Ini 5 Gaya Jan Ethes yang Selalu Curi Perhatian

Secara khusus, pasien dengan hipertensi dan gusi yang meradang adalah 20 persen lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki kasus tekanan darah dalam kisaran yang sehat dibandingkan dengan pasien tanpa tanda-tanda penyakit periodontal.

Tim itu, dari Universitas L'Aquila di Italia, mengatakan temuan itu menunjukkan bahwa mereka yang menderita penyakit gusi mungkin perlu memantau tekanan darah mereka secara lebih teratur dan mereka yang menderita hipertensi mungkin mendapat manfaat dari perawatan gigi rutin.

Lebih lanjut, tekanan darah tinggi atau yang biasa dikenal dengan hipertensi adalah ketika kekuatan darah yang mengalir melalui pembuluh darah terlampau tinggi. Kasus ini sendiri terjadi pada 1 dari 3 orang di Amerika Serikat.

Penyakit hipertensi ini juga berkaitan erat dengan masalah kesehatan lain. Sebut saja risiko serangan jantung, penyakit ginjal, dan stroke. Makanya, tekanan darah menjadi hal yang mesti diperhatikan bagi setiap orang.

 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, hanya ada 54 persen orang yang memiliki tekanan darah normal tanpa bantuan obat-obatan, melakukan olahraga, dan melakukan diet dengan baik.

Terkait dengan penelitian di atas, peneliti melakukan pencatatan pada 11.700 orang Amerika yang mengambil bagian dalam National Health and Nutrition Examination Survey pada 2009 dan 2019, dan mereka diperiksa untuk penyakit periodontal.

Data terlihat bahwa hampir 4.100 orang didiagnosis hipertensi! Sekitar 88 persen dari mereka memakai obat untuk mengontrol kondisi tekanan darah, dan sekitar 11 persen lainnya tidak.

 Pertama Kali, Meghan Markle Kenakan Sneakers saat Royal Tour

Peneliti juga menjelaskan bahwa orang yang memiliki penyakit periodontal 20 persen lebih kecil kemungkinannya dalam keadaan tekanan darah sehat dibandingkan dengan mereka yang memiliki kesehatan mulut yang baik.

Selain itu, pasien dengan hipertensi yang tidak diobati tetapi tidak mengalami masalah gusi, memiliki riwayat tekanan darah yang mirip dengan mereka yangmengalami hipertensi dan memiliki penyakit gusi.

Ini berarti kesehatan mulut yang buruk menghilangkan manfaat obat untuk tekanan darah tinggi. Bahkan, dengan memiliki masalah mulut dan gigi, pasien hipertensi semakin buruk kondisinya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini