7 Kondisi Mulut Ini Ungkap Kesehatan Tubuh Anda, Coba Dicek

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 23 Oktober 2018 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 23 481 1967720 7-kondisi-mulut-ini-ungkap-kondisi-kesehatan-tubuh-anda-coba-di-cek-GzAaKE4avS.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KESEHATAN tubuh manusia memang tidak selamanya baik. Terkadang, ada saja masalah atau gangguan yang timbul. Sayangnya, bisa saja kondisi tersebut tidak diketahui bila tidak dilakukan pemeriksaan secara mendetail.

Beruntung terkadang kondisi itu bisa dideteksi dari tanda-tanda kecil. Misalnya seperti bibir pecah-pecah, gusi berdarah, gusi bengkak, dan masih banyak lagi. Melansir Mirror, Selasa (23/10/2018), inilah tanda-tanda di sekitar mulut yang mengungkapkan kondisi kesehatan :


Bibir pecah-pecah

Tubuh memerlukan nutrisi penting agar dapat berfungsi dengan baik. Bila ada nutrisi yang kurang pemenuhannya, maka bisa muncul tanda. Bibir kering atau pecah-pecah adalah tanda tubuh kekurangan zat besi, seng, vitamin B3, atau vitamin B6.

Nah, untuk mengatasinya coba lebih banyak masukkan daging merah, salmon, telur, dan sayuran hijau ke dalam menu makanan sehari-hari agar kebutuhan nutrisi terpenuhi.

Baca Juga: Viral Curhatan Kaesang Pangareb: Saya Tidak Pernah Diajak Lagi, Cuitan Netizen Bikin Ngakak!

Gusi berdarah

Plak yang menempel pada gigi dapat menyebabkan gusi berdarah ketika dibersihkan menggunakan sikat atau benang. Akan tetapi, gusi berdarah juga bisa menjadi peringatan dini penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Pendarahan menandai adanya jaringan yang meradang karena sel kekebalan tubuh sedang melawan patogen berbahaya. Peradangan juga bisa menjadi tanda ketidakseimbangan dalam usus yang dapat disebabkan oleh obat-obatan seperti aspirin, dan alkohol yang berlebihan.


Peradangan gusi

Pada perempuan yang bila kondisi giginya bagus tapi tiba-tiba terjadi peradangan seperti pendarahan gusi, maka bisa jadi dia tengah hamil. Gingivitis biasa terjadi selama kehamilan karena perubahan hormonal yang meningkatkan aliran darah ke jaringan gusi sehingga menyebabkannya menjadi lebih sensitif, mudah meradang, dan bengkak.

Hormon-hormon tersebut juga dapat menggagalkan kemampuan tubuh untuk melawan bakteri sehingga meningkatkan risiko penumpukan plak.

Baca Juga: Pramugari Ini Viral Setelah Penumpang Memotretnya Diam-Diam, Captionnya Bikin Mata Melotot!

Grinding gigi

Anda mungkin pernah mendengar orang menggigit atau menggertakkangiginya sendiri. Kondisi ini dikenal dengan nama tooth-grinding atau bruxis. Kebanyakan penyebabnya adalah salah satu rahang yang lebih kecil sehingga mengganggu jalan napas.

Kondisi mengaktifkan sistem saraf simpatetik yang melepaskan adrenalin dan mengirim sinyal stres ke tubuh untuk menggertakkan gigi. Selain karena rahang kecil, stres juga bisa menyebabkan grinding.

Gigi lapuk

Saat gigi terlalu asam, maka email akan larut yang membuat gigi menjadi lapuk karena erosi. Kondisi ini sering terjadi pada mereka yang mengalami obesitas dan lanjut usia.

Luka

Pada mulut, luka bisa terjadi karena makan sesuatu yang panas atau tajam dan menyikat gigi terlalu keras. Namun apabila luka tidak sembuh dalam waktu 1-2 minggu, bisa jadi pertanda kanker mulut

Gusi bengkak

Pembengkakan dapat membuat ukuran gusi bertambah bahkan lebih besar dari gigi. Ini bisa menjadi pertanda ada masalah pada kondisi jantung atau sistem kekebalan. Bisa juga karena pengaruh obat-obatan. Obat-obatan tertentu dapat merangsang pertumbuhan jaringan gusi. Bila tidak ditangani maka bisa memicu kerusakan yang lebih parah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini