nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Hal Harus Dijelaskan saat Wawancara Kerja di Perusahaan Baru

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 24 Oktober 2018 15:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 24 196 1968328 4-hal-harus-dijelaskan-saat-wawancara-kerja-di-perusahaan-baru-eAySiHglaU.jpg Tips wawancara kerja (Foto:Commons)

SAAT mencari pekerjaan baru di tempat baru, memiliki resume bekerja yang baik dan sempurna itu wajib adanya.

Akan tetapi, ‘perfect resume’ nyatanya tidaklah cukup, sebab langkah paling penting agar bisa sukses mendapatkan posisi pekerjaan yang sedang ditargetkan tersebut ialah dengan melewati sesi wawancara atau interview kerja dengan pihak perusahaan langsung.

Agar bisa menaklukkan sesi wawancara kerja dengan baik, ada trik yang sebaiknya diingat dan diterapkan. Salah satunya ialah dengan menjelaskan dengan tepat hal-hal yang memang perlu dikatakan saat sedang diwawancara.

 Liburan ke Maroko, Duh.. Pevita Pearce Seksi Banget Sih

Apa saja yang harus kita bicarakan saat sedang wawancara kerja melamar di perusahaan yang baru? Menyitat Independent, Rabu (24/10/2018) berikut pemaparan perihal empat hal yang harus diucapkan saat wawancara kerja dihimpun dari para ahli.

1. Jelaskan perihal diri sendiri :

Disebutkan oleh Carolyn Betts Fleming, sebagai CEO dan founder of Betts Recruiting, sangat penting untuk berbicara dengan pitch atau nada bicara yang jelas saat pihak perusahaan meminta kita untuk menjelaskan soal diri kita. Pertanyaan yang paling sering ditanyakan, namun nyatanya masih banyak orang yang tidak siap untuk menjawab pertanyaan ini. Kuncinya ialah kita sebagai pencari kerja, harus berlatih terus. Usahakan kita bisa bercerita jelas tentang diri pribadi dengan catatan waktu cukup satu menit.

 

2. Membekali diri dengan solusi :

Hal kedua yang harus dijelaskan ialah, membekali diri dengan solusi. Dikatakan oleh Erin Kennedy, CEO di Professional Resume Services, salah satu frasa kalimat yang bisa membuat diri tampak menonjol saat interview kerja ialah dengan yakin mengucapkan “saya bisa memperbaiki, saya bisa melakukan ini,”. Dengan memahami area masalah perusahaan yang dituju lalu menjelaskan bagaimana kemampuan yang dimiliki diri kita bisa membantu perusahaan untuk berkembang, kita bisa dinilai sebagai individu yang berharga dan tak tergantikan untuk tim.

 Designer Anne Avantie Sebut Susi Pudjiastuti Buat Kehebohan di JFW 2019

3. Jelaskan soal pencapaian karir atau prestasi :

Bukan pamer, namun sebagaimana dijelaskan oleh Jane Cranston, CEO of Executive Coach saat interview kerja direkomendasikan untuk memberitahu dengan jelas pihak perusahaan baru soal pencapaian karir yang telah kita peroleh selama ini, terutama di mana kemampuan diri jadi yang terbaik. “Saya jadi yang nomor satu, saat… “, adalah kalimat yang sah-sah saja untuk diucapkan saat sedang wawancara kerja.

4. Bertanya dengan jelas soal posisi :

Masih disebutkan oleh Jane, di akhir sesi wawancara, sebaiknya kita sebagai pihak pencari kerja bertanya dengan jelas kepada pihak pemberi kerja jika Anda mendapatkan pekerjaan ini, nanti saat bekerja akan ditempatkan untuk bertanggung jawab di divisi bagian mana. Pihak pemberi kerja akan menghargai seseorang yang berusaha untuk ‘close the deal’ dengan baik dan jelas.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini