nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diabetes Tidak Terkontrol Risiko Besar Terkena Serangan Jantung

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 24 Oktober 2018 14:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 24 481 1968312 diabetes-tidak-terkontrol-risiko-besar-terkena-serangan-jantung-V5EGA285U6.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

PENDERITA diabetes harus mengontrol kondisi kesehatannya supaya tidak terjadi komplikasi. Salah satu yang ditakutkan adalah penyakit jantung koroner yang fatal.

Diabetes merupakan beban penyakit yang amat berat, yang mudah dialami seseorang. Apalagi kalau dibarengi gaya hidup tidak sehat, semakin rentan mengalami penyakit tersebut.

Spesialis Penyakit Dalam Dr Dante Saksono, SpPD-KEMD, PhD, endokrin, mengatakan, kalau diabetes tidak terkontrol, maka risiko penyakit jantung meningkat 2-4 kali.

"Sekira 75-80% pasien diabetes meninggal dunia karena kelainan jantung," ungkap Dr Dante saat ditemui di RSCM Jakarta Pusat, Rabu (24/10/2018).

Dr Dante membeberkan, ketika mengarah komplikasi pada jantung, ada pengaruhnya di bagian pembuluh darah. Pada orang yang kena diabetes, bakal mengalami penumpukan lemak di dinding pembuluh darah.

Baca Juga: Liburan ke Maroko, Duh.. Pevita Pearce Seksi Banget Sih

Semakin darah menumpuk di bagian organ penting itu lama-lama mampet. Sehingga peluangnya orang jadi rentan mengalami serangan jantung.

serangan jantung

"Ketika pembuluh darah terkecil lama-lama mampet, mudah mengarah ke serangan jantung," imbuh Dr Dante.

Baca Juga: Designer Anne Avantie Sebut Susi Pudjiastuti Buat Kehebohan di JFW 2019

Di samping komplikasi jantung koroner, pasien diabetes juga mudah alami gagal ginjal, hipertensi, kebutaan (retinopati), hingga kaki membusuk.

"Ternyata orang Indonesia itu komplikasinya lebih banyak ke ginjal dan stroke. Kalau bule lebih banyak ke jantung," bebernya.

Komplikasi ini malahan tidak menunjukkan gejala lanjutan. Bahkan setiap 10 detik ada satu orang yang menjnggal dunia karena komplikasi diabetes.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini