Susu Kedelai Bisa Jadi Alternatif untuk Memenuhi Kebutuhan Protein bagi Vegan

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 24 Oktober 2018 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 24 481 1968466 susu-kedelai-bisa-jadi-alternatif-untuk-memenuhi-kebutuhan-protein-bagi-vegan-E7xFAib8uG.jpg Susu kedelai (Foto: Mashed)

GAYA hidup vegetarian saat ini tengah menjadi tren tersendiri. Banyak orang yang mulai memutuskan untuk hidup lebih sehat dengan menjadi vegan. Akan tetapi, ada hal yang harus diwaspadai yaitu pemenuhan kebutuhan nutrisi tubuh.

Seperti yang diketahui, vegan murni biasanya hanya mengonsumsi makanan dari tumbuh-tumbuhan. Mereka menghindari produk hewani beserta olahannya. Padahal, banyak nutrisi yang terkandung di dalam produk hewani dan sangat penting untuk tubuh.

BACA JUGA:

 Liburan ke Maroko, Duh.. Pevita Pearce Seksi Banget Sih

"Kalau kita bicara vegetarian, ada 3 tipe yaitu murni,ovo, dan lacto. Kalau vegannya masih mengonsumsi susu, telur, dan sayur masih aman. Tapi kalau sudah vegan murni hati-hati dengan kekurangan vitamin B12," ungkap ahli gizi klinis, dr Ida Gunawan M.S., Sp.GK (K) saat ditemui Okezone dalam sebuah acara, Rabu (24/10/2019) di kawasan Ampera, Jakarta Selatan.

Beruntung saat ini sudah banyak industri yang menyediakan makanan bagi vegetarian untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Maka sekarang ini teknologi pangan alternatif menjadi lebih familiar. Hal itu membuat makanan-makanan vegan biasanya ditambahkan dengan komponen tertentu melalui proses formulasi.

"Teknologi formulasi itu menggabung-gabungkan zat gizi sehingga komposisinya sama dengan makanan asli," ucap Guru Besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS saat ditemui dalam kesempatan yang sama.

 

Seperti yang diketahui, kini ada daging bagi vegan yang terbuat dari kedelai atau bahan lain. Menurut Prof Made, olahan tersebut mampu memenuhi kebutuhan protein pada tubuh yang tidak didapatkan dari hewan.

"Memang ada sesuatu yang harus diubah kalau vegan karena makanan yang berasal dari nabati rendah vitamin B12. Harus mengonsumsi suplemen. Tapi kalau protein enggak jadi masalah, kedelai bisa menjadi sumber alternatif protein yang baik," tambah Prof Made.

Senada dengan Prof Made, dr Ida juga menyarankan agar vegan mengonsumsi suplemen tambahan. Selain itu produk olahan seperti susu kedelai yang berasal dari produk pabrik juga dapat menjadi pilihan alternatif untuk melengkapi kebutuhan nutrisi.

BACA JUGA:

 Gaya Susi Pudjiastuti Berlenggak-lenggok di JFW 2019 bak Model Profesional

"Susu kedelai yang sudah difortikasi atau ditambahkan oleh nutrisi lain itu baik. Jadi kalau mau jadi vegan yang nabati saja, pemenuhan nutrisi bisa didapatkan dengan konsumsi susu kedelai yang sudah dipabrikasi karena sudah ditambahkan formula-formula tertentu," pungkas dr Ida.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini