Tertawa 10-15 Menit per Hari Bantu Turunkan Berat Badan

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 24 Oktober 2018 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 24 481 1968475 tertawa-10-15-menit-per-hari-bantu-turunkan-berat-badan-1dBRaS8cLp.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

TERTAWA selama ini diketahui memberikan manfaat bagi kesehatan mental. Sebab dengan tertawa, stres seseorang dapat berkurang. Tapi menurut penelitian, tertawa ternyata membawa dampak baik pula terhadap kesehatan fisik.

Menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal Obesity, tertawa lebar hingga perut merasa terkocok menggunakan energi yang sama dengan berjalan lebih dari setengah mil. Tertawa membuat jantung berdetak lebih cepat dan bekerja dengan banyak otot yang berbeda.

Oleh karenanya, tertawa dipercaya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan suasana hati, mengurangi rasa sakit dan membantu menurunkan berat badan. Berikut beberapa manfaat lain yang diperoleh dari tertawa seperti yang dilansir Okezone dari NDTV, Rabu (24/10/2018):

 (Baca Juga:Liburan ke Maroko, Duh.. Pevita Pearce Seksi Banget Sih)

1. Membantu menurunkan tekanan darah

Tertawa disarankan untuk membuat jantung lebih sehat. Tindakan tersebut membantu menurunkan tekanan darah sistolik. Menurunkan tekanan darah otomatis semakin mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Orang yang cenderung tertawa secara teratur mengalami peningkatan kadar sel T. Sel tersebut diketahui berkontribusi terhadap sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu tertawa membantu melindungi tubuh dari infeksi.

 (Baca Juga:Gaya Susi Pudjiastuti Berlenggak-lenggok di JFW 2019 bak Model Profesional)

3. Membantu seseorang hidup lebih lama

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Psychosomatic Medicine, perempuan dengan rasa humor yang kuat ditemukan hidup lebih lama meskipun sakit. Tertawa membantu menjaga seluruh stres dan kecemasan. Secara otomatis hal itu akan membuat hidup seseorang bertahan lebih lama.

4. Bentuk latihan untuk membakar kalori

Sebuah penelitian di jurnal Obesity mengukur jumlah kalori yang dikeluarkan oleh 45 orang dewasa ketika menonton berbagai program televisi. Saat menonton film lucu, orang tersebut menghabiskan energi hingga 20% lebih banyak daripada saat istirahat. Ini berarti tertawa selama 10 - 15 menit per hari dapat meningkatkan total pengeluaran energi sebesar 40 - 170 kilojoule atau membakar 10 - 40 kalori. Penemuan ini secara tidak langsung menyatakan tertawa adalah bentuk latihan yang dapat membantu menurunkan berat badan.

5. Dapat membantu metabolisme

Tertawa mengurangi kadar hormon stres yang dikenal sebagai kortisol. Hormon tersebut berpengaruh terhadap penurunan tingkat metabolisme dan menyimpan lemak di bagian tengah. Dengan tertawa maka cenderung meningkatkan metabolisme secara alami sehingga memengaruhi tubuh untuk membakar lebih banyak kalori dan menurunkan berat badan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini