Pertemukan High Couture dan Streetwear, Ini Wujud Kolaborasi Mel Ahyar dan Iwan Tirta

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 26 Oktober 2018 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 25 194 1969046 pertemukan-high-couture-dan-streetwear-ini-wujud-kolaborasi-mel-ahyar-dan-iwan-tirta-c1d8t2GEHr.jpg Rancangan Mel Ahyar dan Iwan Tirta (Foto: Pradita/Okezone)

BAGI para pencinta dan penikmat mode, pastinya sudah begitu paham bahwa konsep high couture atau adi busana memang jelas begitu kontras dengan konsep streetwear yang bernuansa santai dan sederhana.

Meskipun kontras antara satu sama lain, bukan berarti antara high couture dan streetwear tidak bisa selaras. Mencoba memadukan antara streetwear dengan high couture inilah yang ditampilkan oleh Mel Ahyar dengan berkolaborasi bersama batik high couture Iwan Tirta di panggung pekan mode Jakarta Fashion Week 2019, Kamis 25 Oktober 2018.

BACA JUGA:

 5 Gaya Tere Mariana, Pramugari Cantik Pesawat Kepresidenan RI yang Senyumnya Melelehkan Hati

Di pagelaran kali ini, Mel diketahui mengusung tema “Juan” yang memiliki makna Graceful alias elegan dalam kurang lebih 17 looks bernuansa merah, hitam, dan putih yang dibuat selama kurang lebih dua bulan lamanya, di mana salah satunya dipakai oleh muse spesial, penyanyi jazz Andien. Bernaung di bawah tema Juan, Mel mencoba menginterpretasikan konsep suansa art deco Chinese di era tahun 20’an, masa di mana tentang Perang Dunia II.

Memadukan karya rancangannya dengan batik Prada dari Iwan Tirta yang premium nan mewah dan tentunya setiap helainnya mempunyai filosofi dalam sendiri-sendiri, Mel mengaku ia sendiri selain merasa tertantang tapi di waktu yang bersamaan juga merasa takut.

 

“Berani “memotong” batik Prada yang sangat cantik ini selalu penuh tantangan buat saya, tapi sebenarnya saya takut merusak filosofi batik itu sendiri. Tapi saya mikir, kalau enggak berani mencoba nanti jarak ke generasi muda jadinya makin jauh,” jelas Mel saat ditemui Okezone, Kamis (25/10/2018) di JFW 2019, Senayan.

Di koleksi rancangannya berkolaborasi dengan batik Prada dari Iwan Tirta ini, Mel berusaha “menurunkan” kesan berat dan terlalu formal dari batik high couture, lewat berbagai cara. Mulai dari siluet busana yang ia buat hingga pemilihan mix and match alas kaki.

 

“Nge-tone down kesan berat batik couture ini, saya memberanikan diri untuk menampilkan cutting yang enggak biasa untuk batik dan alas kakinya saya padu-padan dengan sepatu sneakers. Tujuannya sih supaya bisa menambah awareness ke para wanita muda,” imbuh Mel.

BACA JUGA:

 Wanita Ini Ingin Gaun Pengantinnya dari Rambut Almarhumah Ibunya!

Terlihat di panggung runway malam ini, Mel menampilkan potongan outfit berupa outer, long coat, loose dress, sampai baju Cheongsam beraksen embellishment floral, yang dibuat dari material bahan batik sutra, sutra ATBM (alat tenun bukan mesin), katun, dan silk pleads dikombinasikan bersama batik Prada dan sebagian batik lainnya dari Iwan Tirta Private Collection dibiarkan alami tidak dikutak-katik, dipasangkan dengan sepatu sneakers model trainers warna hitam dan putih.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini