Terinspirasi Kisah Keluarga Osin, Deden Siswanto Tampilkan Kimono Jepang di JFW 2019

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 25 Oktober 2018 21:42 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 25 194 1969058 terinspirasi-kisah-keluarga-osin-deden-siswanto-tampilkan-kimono-jepang-di-jfw-2019-dzzrPQBuf9.jpg Deden Siswanto tampilkan kimono Jepang di JFW 2019 (Foto: Ardy/Okezone)

KEHIDUPAN yang sederhana dan membumi ternyata bisa mejadi rasa dan inspirasi bagi Designer Deden Siswanto. Koleksi teranyarnya bertajuk "Kagirinaku" menjadi bukti kepiawaian Deden mencipta karya yang tak biasa.

Melihat langsung pagelaran busananya di pekan mode Jakarta Fashion Week 2019, Okezone merasa bahwa latar belakang masyarakat pedesaan Jepang menjadi aksen terkuat dalam shownya. Bunga kering, benih padi sebagai aksesori, pun bakul yang dikenakan para model memberi nuansa pedesaan yang pas.

Melirik koleksinya, Deden coba membawa kimono khas Jepang menjadi item fashion yang modern. "Konsep design Kimono's transformational and recontruction jadi pilihan saya untuk koleksi kali ini di JFW 2019," ungkap Deden, Kamis (25/10/2018).

Banyak koleksi Deden bermain dalam tehnik patchwork, pattern blocking, dan beberapa manipulated fabric yang memberi rasa berbeda dalam koleksi kimono pada umumnya. Material yang digunakan pun cukup lengkap. "Kita pakai tenun, katun, batik, dan material denim yang dipola sedemikian rupa hingga tercipta koleksi Kagirinaku ini," sambung Deden.

Koleksi Deden Siswanto

Lebih lengkap lagi, Deden coba memperkuat kesan urban modern dengan permainan warna yang apik. Secara garis besar Anda akan melihat warna biru denim, tapi di luar itu ada warna-warna lain seperti beige, purple, kuning, maroon, hijau, dan soft pink.

Koleksi Deden Siswanto

Terkait dengan inspirasi koleksi, Deden menjelaskan bahwa koleksi ini banyak diilhami dari kehidupan pedesaan Jepang. Salah satunya adalah kisah hidup keluarga Osin.

"Mereka itu keluarga pekerja di pedesaan. Di salah satu musim, yaitu musim dingin, saya lihat mereka mengenakan kimono dan lapisan selimut yang membuat mereka tetap nyaman. Kesederhanaan mereka menjadi inspirasi terbesar saya di koleksi 'Kagirinaku' ini," papar Deden.

Koleksi Deden Siswanto

Deden juga menjelaskan bahwa antara Jepang dan Indonesia itu budayanya tidak jauh berbeda. Maka dari itu, rasanya kimono ini bisa menjadi sesuatu yang memberi warna di masyarakat Indonesia. "Banyak tehnik tambal menambal yang dilakukan para petani di Jepang dan itu juga menjadi detail koleksi saya dan kesamaan budaya pun dirasa akan pas dengan koleksi ini," tambahnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini