nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati! Kecanduan Gadget Bisa Bikin Anak Menangis, Rewel hingga Mogok Makan

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 25 Oktober 2018 13:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 25 196 1968811 hati-hati-kecanduan-gadget-bisa-bikin-anak-menangis-rewel-hingga-mogok-makan-Q9ht0r5UDB.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ANAK-ANAK kita boleh saja dikenalkan dengan gawai dan teknologi, namun kita tetap harus membatasinya. Kalau berlebihan, mereka bisa adiksi yang malah merepotkan orangtua lho!

Segala sesuatu yang berkaitan dengan teknologi pasti ada dampak positif dan negatif. Jadi, jika kita berlebihan memberikannya pastinya anak akan mengalami dampak buruknya.

Psikolog Keluarga Ajeng Raviando mengatakan, ketika awal anak dikenalkan dengan gawai, sebaiknya orangtua membatasi. Buatlah aturan senyaman mungkin untuk anak agar dapat dipatuhi dengan baik.

"Kalau anak dibiarkan main gawai, tapi tidak ada aturan waktu dan paham menggunakan, anak mudah adiksi. Dia akan tidak berhenti main gawai dan berkutat pada teknologi," ujarnya ditemui di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (25/10/2018).

Baca Juga: Intip 5 Gaya Seksi Anya Geraldine, Pamer Payudara Mirip Model Dewasa

Ajeng menjelaskan, saat anak-anak telah terpapar gawai, pasti akan mengalami tanda-tanda aneh yang ditunjukkan lewat perilaku. Hal itu tentu akan merepotkan orangtua, apalagi kalau sebagian sulit mengatasi.

Biasanya, sebut Ajeng, anak akan marah, menangis, rewel, tidak mau mandi, mogok makan, dan beberapa tanda lainnya. Sebaiknya hal ini jangan sampai terjadi supaya mereka tetap bisa bersosialisasi dengan sekitarnya.

"Nah ini anak dipisahkan dari perangkat gawai pasti marah, kesal, karena hal yang disukai terus dijauhkan, mereka anak tidak nyaman," tambahnya.

Baca Juga: Punya Refleks Ninja, Wanita Seksi Ini Tangkap Bola Hockey Sambil Terima Telepon

Sebagai orangtua, Anda harus waspada biar anak-anak tidak kecanduan teknologi. Jangan sekedar memberikan tapi gawai, tapi malah tidak mengawasi. Atau malah memberi gawai hanya untuk mengalihkan perhatian si kecil.

"Banyak sekali hal ini terjadi karena orangtua kurang perhatian pada anak. Sebaiknya dihindari, karena meski anak melek teknologi, tapi komunikasi dengan orangtua harus tetap harmonis," tutupnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini