nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Hal Harus Diperhatikan Sebelum Kirim Lamaran Melalui Situs Pencari Kerja

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 25 Oktober 2018 18:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 25 196 1968934 4-hal-harus-diperhatikan-sebelum-kirim-lamaran-melalui-situs-pencari-kerja-nVvJJE7Nmc.jpg Tips melamar pekerjaan dari situs lowongan pekerjaan (Foto:Ist)

PERKEMBANGAN teknologi memudahkan kehidupan manusia, termasuk dalam urusan melamar pekerjaan. Sekarang banyak orang yang tak perlu repot mendatangi setiap perusahaan untuk mengirim lamaran atau menanyakan lowongan. Mereka hanya tinggal perlu mengirim email atau mencari info lowongan melalui internet.

Sayangnya, banyak orang yang terlena dengan kemudahan itu. Mungkin hanya sedikit yang berhasil mendapatkan pekerjaan dari situs pencari kerja karena kesalahan-kesalahan yang tidak sadari. Dalam melamar kerja memang harus ada faktor-faktor yang diperhatikan. Melansir Independent, Kamis (25/10/2018), inilah hal-hal yang harus dipersiapkan pelamar :

Lakukan inventarisasi diri dan buat rencana

Sebelum mengirim surat lamaran dalam situs pencari kerja, pelamar harus meluangkan waktu untuk mengevaluasi diri dan menentukan dengan tepat apa yang mereka cari dalam pekerjaan. Sebelum mencari pekerjaan atau menulis resume, lakukan inventarisasi pada diri sendiri untuk mengidentifikasi keinginan yang sebenarnya hendak dilakukan. Mulai dari pengetahuan, keterampilan, kemampuan, pengalaman, hingga keberhasilan dari masa lalu. Dengan begitu pelamar bisa menunjukkan dirinya ke perusahaan sehingga dirasa orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut.

(Baca Juga: Punya Refleks Ninja, Wanita Seksi Ini Tangkap Bola Hockey Sambil Terima Telepon)

 

(Baca Juga: Intip 5 Gaya Seksi Anya Geraldine, Pamer Payudara Mirip Model Dewasa)

Sesuaikan surat lamaran

Ketika menemukan lowongan melalui situs pencari kerja, banyak pelamar cenderung mengirimkan beberapa lamaran. Hal itu membuat mereka menyiapkan surat lamaran ala kadarnya agar bisa digunakan secara general. Tapi ini bukan langkah yang baik. Ada baiknya setiap lamaran dibuat khusus untuk satu perusahaan. Ini mungkin terlihat merepotkan, tetapi membuat pelamar menunjukkan kepada perusahaan jika dirinya memang serius untuk melamar. Hal yang sama berlaku untuk resume. Cara ini pun berguna untuk menghindari kesalahan.

Memperluas jaringan

Selain membuat diri menjadi lebih baik dan memperbagus surat lamaran serta resume, penting juga untuk memperluas jaringan. Jadi tidak hanya sekadar melamar secara online lalu menunggu. Memperluas pencarian pekerjaan dengan membangun jaringan terhadap keluarga, teman, mantan rekan kerja, dan rekan kerja juga baik untuk memperbesar peluang.

Perbarui profil profesional

Saat melamar melalui situs pekerjaan seperti LinkedIn dan Jobstreet, tentunya ada profil yang harus diisi. Perbarui profil secara berkala karena kemungkinan pihak perusahaan memeriksa setelah menerima lamaran sangat besar.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini