nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Detoks Gadget Bisa Atur Emosi dan Lebih Dekatkan Diri dengan Keluarga

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 25 Oktober 2018 20:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 25 196 1968941 detoks-gadget-bisa-atur-emosi-dan-lebih-dekatkan-diri-dengan-keluarga-q76fuSJUkX.jpg Ilustrasi (Foto: Independent)

SETIAP hari mulai dari bangun tidur sampai menjelang tidur malam, hidup Anda selalu berkutat dengan gadget. Kini saatnya Anda melakukan detoks, dengan tidak memegang gadget dalam sehari.

Detoks gadget ternyata sangat penting untuk kesehatan mental. Di sisi lain, Anda dapat meningkatkan keharmonisan rumah tangga dan bonding dengan anak lebih kuat.

Nah, kegiatan unik itu tidak sekadar diterapkan pada orang dewasa. Anak-anak pun bisa melakukan, supaya merasa lebih nyaman menjalani aktivitas lain.

 (Baca Juga:Pandangan Islam Mengenai Pria Salat dengan Celana Jeans Sobek-Sobek)

Psikolog Keluarga Ajeng Raviando mengatakan, detoks gadget bisa dilakukan setiap minggu, minimal seharian. Manfaatnya lumayan banyak dan Anda bisa mengganti dengan kegiatan lainnya.

 

"Dari pagi kita cek gadget, pada akhirnya kita lupakan kegiatan lainnya. Mestinya kita bisa bermain dengan anak, memeluk anak saat bangun tidur dan melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan," ujar Ajeng saat ditemui di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (25/10/2018).

Sekalipun berada di luar rumah, karena seringnya orang memperhatikan gadget, malahan kerap mengabaikan hal di sekitarnya. Termasuk melalaikan anaknya, saat berada di ruang publik.

 (Baca Juga:Selamatkan Anak Kecil yang Terjebur, Video Pengantar Makanan Loncat ke Kali Langsung Viral)

Mestinya jika Anda sedikit membebaskan diri dari gadget, ada banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan. Termasuk menguatkan komunikasi dengan anak, bicara dari hati ke hati.

"Detoks ini bisa dilakukan paling tidak satu jam. Kalau bebas dari gadget, tentunya bisa mendekatkan diri dengan keluarga, ngobrol bareng, masak bareng anak juga bisa," tutur dia.

Sementara itu, detoks pada anak bisa membuat emosinya lebih stabil, meningkatkan karakter building, anak lebih mudah sosialiasi, serta tumbuh kembangnya optimal.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini