nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wajah Wanita Muslim Ini akan Hiasi Mata Uang Poundsterling?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 25 Oktober 2018 12:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 25 406 1968771 wajah-wanita-muslim-ini-akan-hiasi-mata-uang-pound-sterling-G7LFNWV5My.jpg Wanita muslim akan hiasi uang poundsterling (Foto:Alarabiya)


SEBUAH petisi online mengenai gambar baru uang kertas £ 50 (50 pound sterling) menjadi perbincangan publik. Sebab, gambar yang direkomendasikan adalah wajah wanita Muslim!

Dikutip Okezone dari Al Arabiya, Kamis (25/10/2018), petisi ini mencuat karena dianggap sebagai gebrakan baru yang cukup berani. Sebab, sosok wanita Muslim ini akan menjadi bagian dari sejarah mata uang Poundsterling di mana biasanya diisi dengan bangsawan Inggris seperti Sir Winston Churchill, Jane Austen, JMW Turner dan, tentu saja, Ratu Elizabeth II, ratu yang berkuasa yang telah menghiasi mata uang ponsterling.

Sebuah petisi online telah dimulai oleh penggemar sosok wanita ini yang diketahui adalah mata-mata Inggris pada Perang Dunia II bernama Noor Inayat Khan. Para penggemar mengharapkan adanya sosok Khan di uang kertas £ 50 ponsterling. Sampai sekarang, petisi ini sudah ditandatangani oleh lebih dari 3.500 partisipan.

Punya Refleks Ninja, Wanita Seksi Ini Tangkap Bola Hockey Sambil Terima Telepon

Perlu diketahui, Khan adalah putri seorang Sufi Muslim ternama dari ayah musisi India dan seorang ibu Amerika yang masuk Islam. Dia lahir di Moskow dan dibesarkan di London dan Paris.

Khan bergabung dengan Angkatan Udara Pembantu Perempuan dan dikirim ke Pendudukan Prancis selama Perang Dunia Kedua, di mana dia ditangkap dan disiksa oleh Nazi sebelum dibunuh di kamp konsentrasi Dachau ketika dia berusia 30 tahun.

Tidak hanya Khan, nama lain yang dinominasikan sebagai pengisi wajah baru £ 50 adalah Margaret Thatcher, perdana menteri wanita pertama Inggris; Emmeline Pankhurst, yang berjuang untuk suara bagi wanita; Clement Atlee, mantan perdana menteri lainnya; Fisikawan Stephen Hawkins yang belum lama ini meninggal dunia; dan bahkan pemain sepak bola Inggris Harry Maguire yang begitu jauh telah mengumpulkan jumlah tanda tangan maksimum di sekitar 35.000.


Nominasi publik

Namun, semua kampanye ini tampaknya sedikit prematur karena Bank of England, yang baru saja mengumumkan bahwa akan mendesain ulang £ 50 yang bakal dicetak tahun 2020 mengatakan bahwa akan mengundang pencalonan publik untuk karakter potensial untuk muncul. Pada pernyataan resminya, belum mengatakan apa kategori sosok yang paling berpotensi menjadi sosok baru uang £50. Apakah itu politisi, prajurit, ilmuwan, atau yang lainnya.

Sebagai tambahan informasi, mata uang kertas Inggris pertama mulai membawa potret manusia pada tahun 1960 ketika kepala Ratu dicetak di depan setiap catatan dari semua nominasi.

Pada tahun 1970, Bank of England memutuskan untuk menempatkan penyair dan dramawan abad ke-16 William Shakespeare di belakang uang kertas 20 poundnya dan sejak itu banyak orang Inggris terkenal yang telah membuat kontribusi substansial terhadap sejarah dan masyarakat di mata uang ini.

Di sisi lain, untuk saat ini, uang kertas £ 50 menampilkan duo Matthew Boulton dan James Watt yang menemukan mesin uap pada pertengahan abad ke-18 dan mendukung revolusi industri. Catatan ini pertama kali diterbitkan pada 2 November 2011.

Intip 4 Gaya Busana Habib Bule , Habib Bahar Smith yang Ditolak Masuk Manado

Namun, sejak saat itu telah terjadi perubahan dalam mata uang Inggris dengan uang £ 1 ditarik dan diganti dengan koin £ 1. Sisa-sisa uang kertas pecahan £ 5, £ 10, £ 20 dan £ 50 sedang dirancang ulang satu demi satu dan diproduksi dalam plastik polimer yang licin.

Plastik baru senilai £ 5 menampilkan pahlawan perang dan mantan perdana menteri Sir Winston Churchill di belakangnya, sedangkan £ 10 dihiasi potret penulis Inggris yang sangat dicintai Jane Austen. Pada tahun 2015 ketika pergantian uang £ 20 dan bergabung dengan pangkat polimer, Bank of England memutuskan untuk mengubah prosedur untuk proses seleksi dan melibatkan publik.

Sebuah komite baru, komite penasihat karakter uang kertas Bank of England, mengundang publik untuk mengajukan saran untuk uang £ 20, tetapi menyarankan bahwa itu menginginkan wajah dari seni visual.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini