nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menikmati Keindahan Danau Labuan Cermin, Surga Kecil di Kalimantan Timur

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 25 Oktober 2018 14:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 25 406 1968827 menikmati-keindahan-danau-labuan-cermin-surga-kecil-di-kalimantan-timur-8P8ryIVKF9.jpg Danau labuan Cermin (Foto:Instagram/Destinasiwisata)

PESONA alam Indonesia memang tidak ada habisnya. Jika dilihat dari perkembangannya, setiap daerah seolah berlomba-lomba menyuguhkan segudang keindahan alam dengan keunikan masing-masing. Sebut saja Raja Ampat yang beberapa waktu lalu dinobatkan sebagai salah satu spot diving terbaik di dunia, atau Labuan Bajo yang kini mulai digandrungi wisatawan mancanegara berkat daya tarik hewan endemiknya, apalagi kalau bukan Komodo.

Namun ketika berbicara Kalimantan, masih banyak yang belum mengetahui bahwa salah satu pulau terbesar di Indonesia itu menyimpan kekayaan alam yang menarik untuk dieskplorasi. Mungkin yang selama ini sudah familiar di telinga wisatawan adalah keindahan Pulau Derawan di Kalimantan Timur.

Tapi jangan salah, provinsi tersebut masih punya sejumlah destinasi wisata yang tak kalah uniknya. Kali ini Okezone akan mengupas sedikit banyak tentang daya tarik Danau Labuan Cermin.

 

(Ig/Wukittravel)

Dirangkum dari berbagai sumber, Danau Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-Biduk, Kalimantan Timur. Untuk sampai ke tempat ini, pengunjung dapat menempuh perjalanan darat sekitar 6-7 jam dari pusat kota Berau.

Setelah sampai di Desa Labuan Kelambu, pengunjung harus menyewa kapal dengan biaya Rp200 ribu (pulang-pergi). Jangan khawatir, meski durasi perjalanan terbilang jauh, semuanya akan terbayar lunas ketika Anda menginjakkan kaki di Labuan Cermin.

Sesuai dengan namanya, Labuan Cermin air yang sangat jernih. Saking jernihnya, air danau bisa memantulkan cahaya matahari. Tidak hanya itu, mengingat lokasinya yang berdekatan dengan pesisir pantai, air Labuan Cermin terbagi menjadi dua bagian. Pada permukaannya air terasa asin seperti air laut, namun ketika menyelam ke dasar danau, air cenderung terasa tawar.

(Baca Juga: Punya Refleks Ninja, Wanita Seksi Ini Tangkap Bola Hockey Sambil Terima Telepon)

(Baca Juga: Intip 5 Gaya Seksi Anya Geraldine, Pamer Payudara Mirip Model Dewasa)

(Ig/Destinasiwisata)

Menurut penduduk lokal, dua jenis air inilah yang membuat danau memiliki lapisan pemisah sehingga cahaya matahari dapat memantul. Tak heran jika sebagian orang menyebutnya dengan julukan “Danau Dua Rasa”.

Selain menikmati suasana danau sambil sesekali mendengar suara gemericik air, wisatawan juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat asri dan menenangkan. Pasalnya, di sekeliling Danau Labuan Cermin, ditumbuhi pepohonan rimbun yang menjadi rumah bagi sejumlah burung dan binatang liar lainnya.

Sudah jauh-jauh ke sini tidak lengkap rasanya jika belum merasakan kesegaran air Danau Labuan Cermin. Jadi jangan lupa membawa peralatan snorkeling untuk merasakan sensasi bermain air dan berenang di danau tersebut.

Penasarankan seperti apa sensasi berenang di danau dua rasa ini? Nah, bagi Okezoners yang memiliki rencana berlibur ke Pulau Derawan dalam waktu dekat ini, tidak ada salahnya memasukkan Labuan Cermin ke dalam itinerary. Happy Holiday!

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini