nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Hanya Gantikan Rokok, Kini Vape Mengandung Vitamin!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 25 Oktober 2018 08:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 25 481 1968681 tak-hanya-gantikan-rokok-kini-vape-mengandung-vitamin-KkqVz2CuvO.jpg Vape (Hellosehat)

KITA sudah sangat familiar dengan rokok elektrik atau yang biasa disebut vape. Penelitian menjelaskan bahwa antara vape dengan rokok elektrik sama berbahayanya!

Nah, kini vape dimanfaatkan juga sebagai alat untuk mendapatkan vitamin untuk tubuh. Konsepnya sama, Anda menghisap vitamin tersebut yang ditambahkan ke dalam vape. Hisap dan Anda dapat manfaat vitamin tersebut.

Tapi, apakah cara itu benar adanya dan menimbulkan risiko negatif kah?

 Baca juga: Resign karena Masalah Prinsip, Sebuah Pilihan Generasi Milenial

Vape

Konsep dasar dari tehnik "hisap vitamin" itu memang sinkron dengan sistem kerja paru-paru. Di mana paru-paru mampu menyerap nutrisi dan obat yang dihirup. Hal itu dibenarkan Direktur Klinis dari Respiratory Institute di Mpunt Sinai Hospital Dr Louis DePalo.

Namun, dokter tidak merekomendasikan penggunaan vape untuk menghantarkan vitamin tersebut ke paru-paru. Alasan paling konkritnya adalah logam yang terkandung di dalam vape tetap akan menjadi hal negatif bagi paru-paru.

"Mekanisme pemanasan logam dengan suhu tinggi tidak baik untuk paru-paru," kata DePalo seeprti dikutip Okezone dari New York Post, Kamis (25/10/2018).

 Baca juga: Paduan Tepat Kopi Rwanda Kanzu dengan Camilan Serba Manis Tidak Buyar di Mulut

Berbeda dengan obat-obatan, The Food and Drug Administration Amerika Serikat tidak memverifikasi keamanan dan kemanjuran vape vitamin ini. Pun vape dianggap sebagai metode yang keliru untuk menghantarkan vitamin ke dalam tubuh manusia.

"Anda membakar bahan-bahan kimia ini dengan suhu panas dan itu berarti sebetulnya Anda menghilangkan bahan kimia tersebut dan Anda hanya mendapatkan kenihilan saja," tegas DePalo.

 Vape

Untuk diketahui, vape vitamin yang ada di pasaran kini mengandung buzzy B12, yang mana vitamin ini dianggap sangat baik untuk vitalitas. Mereka yang sudah menggunakan vape vitamin ini adalah para selebriti dan selebgram dan mereka berbondong-bondong mengiklankannya di media sosial.

Kemudian, bagaimana ahli gizi menilai ini?

B12 adalah jenis vitamin yang mudah larut dalam air. "Dengan sifat dasarnya yang mudah larut dalam air, ketika mereka dibakar, ya, sangat mudah menguap setelahnya," kata Ahli Diet Abby Langer.

 Baca juga: 5 Gaya Seks Ini Ternyata Dibenci oleh Wanita

Sebetulnya, jika Anda memang sangat membutuhkan vitamin B12, Anda bisa dapatkan dari sumber makanan. Abby menjelaskan, Anda bisa mendapatkannya dari telur, daging sapi, makanan laut, dan produk biji-bijian.

Lebih lanjut lagi, peneliti mengklaim bahwa konsumsi vitamin dalam jumlah tinggi atau berlebih malah tidak akan memberikan manfaat bagi tubuh. Jadi, penggunaan vape vitamin sebetulnya hanya "kesialan" yang harus disadari.

Langer menambahkan, untuk mencapai target nutrisi tubuh, bukan paru-paru yang harus diperhatikan secara penuh, tetapi bagaimana piring makan Anda setiap harinya. "Anda mesti fokus pada protein tanpa lemak dan makanan nabati warna-warni yang harus diperhatikan," tambah Langer.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini