nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Gejala Kanker Payudara pada Pria & Cara Memeriksanya

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 25 Oktober 2018 10:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 25 481 1968728 6-gejala-kanker-payudara-pada-pria-cara-memeriksanya-fwmGf07zsB.jpg Kanker payudara pada pria (Foto:Ist)

SELAMA ini penyakit kanker payudara sangat erat dengan wanita. Tapi tahukah Anda bila pria juga bisa terkena kanker payudara? Ya, seperti yang diketahui, pria pun memiliki payudara seperti wanita. Hanya saja bedanya payudara tidak berkembang atau bertumbuh menjadi besar pada saat pubertas.

Kanker payudara pada pria memang masih tergolong langka. Namun perlu diingat bila gaya hidup dapat menyebabkan kanker tersebut. Sekarang ini, biarpun kesadaran gaya hidup sehat meningkat, tapi tak bisa dipungkiri masih banyak yang tidak mengontrol menu makanan sehari-hari dan malas beraktivitas fisik.

 Intip 4 Gaya Busana Habib Bule , Habib Bahar Smith yang Ditolak Masuk Manado

Melansir Independent, Kamis (25/10/2018), pria tetap memiliki sedikit jaringan payudara di belakang puting. Di jaringan itulah biasanya kanker akan berkembang. Jaringan payudara terdiri dari beberapa tabung kecil atau saluran yang dikelilingi oleh jaringan lemak, jaringan ikat, pembuluh darah, dan pembuluh limfatik.

Kanker payudara pada pria umumnya terjadi di usia 60-70 tahun atau lebih. Namun apabila pria memiliki kadar estrogen yang sangat tinggi, kondisi itu harus diwaspadai. Sebab risiko terkena kanker payudara menjadi besar. Begitu juga bila ada riwayat keluarga yang memiliki penyakit tersebut. Menurut Cancer Research UK, sejumlah dokter mengatakan sekira 10-20 dari 100 kasus kanker payudara pada pria disebabkan karena penurunan gen yang salah.

Sama seperti pada wanita, gejala paling umum kanker payudara pada pria adalah timbulnya benjolan di jaringan payudara yang bisa dirasakan dekat dengan puting. Bila benjolan berada cukup jauh dari puting, maka diperlukan pemeriksaan medis lebih lanjut. Tanda lainnya adalah adanya cairan yang dikeluarkan oleh puting, puting yang terasa sensitif, pembengkakan di area dada, bisul di daerah dada atau puting, serta adanya pembengkakan kelenjar getah bening di daerah ketiak.

 

Untuk memeriksa kemungkinan adanya gejala tersebut, pria bisa melakukan beberapa cara. Pertama, berdirilah di depan cermin kemudian letakkan lengan di pinggul. Perhatikan dengan seksama area dada, lihatlah apakah ada perubahan pada puting seperti pembengkakan atau terbalik. Kemudian, angkat tangan ke atas kepala dan periksa area di sekitar dada dan ketiak.

 Meghan Markle Pamer Baby Bump Dalam Balutan Gaun Floor Length Cape

Selanjutnya merasakan dada untuk setiap benjolan potensial. Langkah yang dapat dilakukan adalah menggerakkan ujung jari dengan gerakan melingkar di sekitar area payudara. Selain itu, periksa area puting di kedua payudara apakah mengeluarkan cairan atau tidak.

Bisa juga memeriksa area dada dengan berbaring, lalu letakkan bantal di bawah bahu kanan dan meletakkan lengan kanan di atas kepala. Dengan menggunakan ujung jari di tangan kiri, tekan dada dan area ketiak. Ulangi cara ini untuk payudara sebelah kiri. Jika terasa ada yang aneh, segera kunjungi dokter.

(ndr)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini