nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yoga Bisa Atasi Insomnia Selama Masa Kehamilan

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Kamis 25 Oktober 2018 16:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 25 481 1968870 yoga-bisa-atasi-insomnia-selama-masa-kehamilan-ZYqeOpW3No.jpg Yoga hamil (Foto: Chopra)

NATIONAL Sleep Foundation menyatakan bahwa sebesar 78 persen wanita dilaporkan mengalami gangguan tidur selama kehamilan. Selain itu, mereka juga melaporkan merasa sangat lelah, terutama selama kehamilan trimester pertama dan ketiga.

Kadar hormon yang berubah menjadi alasan para ibu hamil tidak bisa tidur nyenyak. Selain itu, American Pregnancy Association menjelaskan, sakit punggung, nyeri ulu hati, kecemasan, kerap buang air kecil sepanjang malam dan ketidaknyamanan karena ukuran perut yang meningkat dapat menyebabkan insomnia selama kehamilan.

Dilansir dari Prevention, untuk mengatasi kondisi ini, mayoritas dokter menyarankan wanita hamil untuk menghindari penggunaan obat tidur dan beralih melakukan teknik relaksasi. Seperti halnya yoga. Bahkan, banyak dokter mendorong wanita hamil untuk melakukan yoga pranatal.

BACA JUGA:

Punya Refleks Ninja, Wanita Seksi Ini Tangkap Bola Hockey Sambil Terima Telepon

Pasalnya, penelitian telah membuktikan bahwa yoga pranatal dapat membantu mempertahankan tekanan darah yang lebih rendah hingga memiliki tingkat pertumbuhan janin yang lebih baik. Namun, ada jenis yoga tertentu (power, ashtanga dan bikram) serta pose khusus, terutama yang melibatkan tekanan pada perut atau melompat, memutar, berbaring telentang harus dihindari.

Seorang instruktur bersertifikat dalam prenatal yoga akan dapat membantu wanita hamil menemukan modifikasi untuk setiap pose. Selain yoga, insomnia juga bisa diatasi dengan teknik relaksasi lainnya. Berikut beberapa cara yang direkomendasikan American Pregnancy Association untuk mengatasi insomnia selama masa kehamilan.

1. Coba tidur di posisi berbeda;

2. Rileksasi sebelum tidur baik dengan pijatan atau mandi air panas;

3. Pastikan kamar nyaman untuk tidur. Anda dapat mencoba mengubah termostat ke suhu yang nyaman atau memainkan beberapa lagu santai atau alami yang dapat membantu mendorong tidur;

4. Gunakan teknik relaksasi, seperti yang dipelajari di kelas persalinan;

5. Jika masih belum bisa tidur, pertimbangkan untuk membaca buku, makan camilan kecil, atau minum susu hangat;

6. Secara teratur berolahraga di siang hari;

7. Pertimbangkan untuk tidur sebentar di siang hari jika memungkinkan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini