nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada, Ini Bahayanya Konsumsi Minuman Berkemasan Plastik yang Terpapar Sinar Matahari

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 25 Oktober 2018 15:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 25 481 1968873 waspada-ini-bahayanya-konsumsi-minuman-berkemasan-plastik-yang-terpapar-sinar-matahari-HmZhMwyF7m.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MINUMAN atau makanan dalam kemasan plastik sudah akrab dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Wadah kemasan plastik ini dianggap praktis untuk membungkus makanan dan minuman agar mudah dibawa ke mana-mana.

Namun, di balik kepraktisan kemasan plastik, ada bahaya yang mengintai. Bahaya ini bisa terjadi apabila Anda mengonsumsi makanan atau minuman berkemasan plastik yang terpapar oleh sinar matahari secara langsung. Misalnya, minuman berkemasan plastik di dalam mobil yang dibiarkan terpapar sinar matahari dalam waktu lama, sehingga membuat kemasan dan minumannya terasa panas.

 (Baca Juga:Ternyata Lakukan 5 Kegiatan Ini Dinilai Buang Waktu, Nomor 2 Kebiasaan Generasi Milenial!)

"Semua minuman kemasan apalagi yang plastik jangan sampai kena panas. Karena begitu kena panas, akan merusak kandungan di dalamnya. Jadi simpanlah di suhu kamar atau yang lebih baik lagi di dalam lemari es," jelas dr. Haekal Yassier Anshari, M.Biomed saat ditemui dalam acara peluncuran Ion Water di Thamrin Nine, Jakarta Pusat, Kamis (25/10/2018).

 (Baca Juga:6 Gejala Kanker Payudara pada Pria & Cara Memeriksanya)

Ia melanjutkan, minuman yang dikonsumsi dalam suhu sejuk akan memberikan dampak yang lebih baik bagi tubuh. Termasuk meningkatkan palatabilitas atau kemampuan mengecap yang membuat seseorang merasa lebih nyaman saat mengonsumsinya, sehingga asupan cairannya optimal.

Lalu apa bahayanya pada tubuh jika kita terlalu sering mengonsumsi minuman dan makanan berkemasan plastik yang terpapar sinar matahari langsung? Dokter Haekal mengatakan, hal ini bisa meningkatkan risiko penyakit dalam tubuh.

 (Baca Juga:Orang Bule Pasti Kaget, Begini Cara Unik Orang Indonesia Menikmati Pasta)

"Kalau terlalu sering mengonsumsi minuman di kemasan plastik yang terkena paparan matahari, lama-lama bisa membuat tubuh kita keracunan radikal bebas. Ini bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit, termasuk kanker dan sebagainya," ujarnya.

Ia menambahkan, risiko ini berlaku untuk semua makanan dan minuman yang dikemas dengan plastik. Tidak terbatas pada air mineral berkemasan plastik saja.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini