nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Moms kalau Hamil Jangan Merokok, Nanti Anaknya Bisa Puber Lebih Cepat Loh

Adinda Harum, Jurnalis · Jum'at 26 Oktober 2018 03:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 25 481 1968974 moms-kalau-hamil-jangan-merokok-nanti-anaknya-bisa-puber-lebih-cepat-loh-jKYWSaV0h6.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MEROKOK dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan serta janin, ya itulah slogan yang selalu kita dengar pada setiap bungkus rokok. Namun faktanya, masih banyak orang abai bahkan ibu hamil sekalipun.

Padahal, merokok saat hamil bukan hanya memengaruhi kesehatan tubuh Anda, tapi juga bayi dalam kandungan. Pasalnya, nikotin, Karbon monoksida, dan banyak racun lain yang Anda hisap dari rokok, akan terbawa melalui aliran darah langsung menuju janin dalam Rahim Anda.

Semakin banyak Anda mengisap rokok, maka makin besar peluang gangguan pada janin Anda dalam masalah kesehatan yang kronis. Inilah alasan untuk Anda berhenti merokok saat Anda sedang hamil dilansir Okezone dari The health Site.

Baca Juga: Gantengnya Pemain Timnas U-19, Nomor 5 Siap-Siap Dibuat Meleleh!

Studi Universitas Aarhus yang telah diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology menemukan bahwa anak-anak dari ibu yang merokok lebih dari sepuluh batang setiap harinya selama kehamilan, rata-rata memasuki masa pubertas tiga sampai enam kali lebih cepat dibanding anak-anak yang bukan perokok.

“Purbertas dini saat masa kehamilan dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko sejumlah penyakit saat dewasa, seperti obesitas, diabetes, penyakit lardiovaskular dan jenis kanker tertentu,” kata salah satu peneliti Nis Brix.

Brix sendiri berharap bahwa hasil penelitian dapat digunakan untuk motivasi para ibu berhenti merokok, maupun wanita yang berencana untuk melakukan program hamil.

Baca Juga: Intip 5 Gaya Seksi Anya Geraldine, Pamer Payudara Mirip Model Dewasa

Hasil penelitian menyatakan bahwa merokok berbahaya bagi janin yang dikandung yang belum lahir. "Merokok menyebabkan terkait dengan peningkatan risiko berat badan pada bayi Anda menjadi rendah, bayi premature dan peningkatan mortalitas,” tutur Brix.

Ini bisa menjadi salah satu alasan, kenapa Anda harus berhenti merokok saat hamil maupun Anda yang sedang melakukan program kehamilan. Bagaimana, masih kah Anda berani merokok saat hamil?

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini