Mendobrak Maskulinitas Pria dalam Berbusana, Rancangan Rama Dauhan Sematkan Warna-warni Musim Gugur

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 26 Oktober 2018 10:56 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 26 194 1969208 mendobrak-maskulinitas-pria-dalam-berbusana-rancangan-rama-dauhan-sematkan-warna-warni-musim-gugur-SvNiA5EibT.jpg Tren Busana Pria Rancangan Rama Dauhan(Foto: M.Sukardi/Okezone)

KONSEP gender masih tabu di masyarakat. Rasanya aneh ketika pria suka dengan pakaian berwarna-warni, bukan begitu?

Pria dengan maskulinitas dirinya akan lebih nyaman dengan busana berwarna hitam atau basic lainnya. Ketika ada pria mengenakan pakaian yang sedikit mencolok, beberapa masyarakat kemudian meragukan maskulinitasnya. Padahal tak demikian, hal ini pun didobrak oleh Designer Rama Dauhan.

Menurutnya, pria hanya merasa malu dan tidak percaya diri dengan warna-warna cerah. "Masyarakat kita mengamini konsep gender sampai ke pemilihan warna. Alhasil, banyak pria yang kemudian merasa takut untuk memakai pakaian yang sedikit terang atau yang bagi sebagai orang dianggap feminin," kata Rama sebelum shownya di Jakarta Fashion Week 2019, Jakarta, Kamis, 25 Oktober 2018.

Baca juga: Stop Bermain HP saat Khotbah, Bikin Salat Jumat Kamu Sia-Sia!

 

(Foto: M.Sukardi/Okezone)

Rama melanjutkan, dengan koleksinya yang dipenuhi oleh warna-warna musim gugur tapi tetap cerah, dia berharap bahwa batas-batas gender berdasar warna bisa semakin bias dan menjadi sah-sah saja ketika pria ingin mengenakan pakaian warna-warni.

Menampilkan koleksi bertajuk 'Mirth' atau dalam bahasa Indonesia berarti kegembiraan, Rama coba menunjukan bahwa alam dan seisinya bisa menjadi dasar inspirasinya.

 

(Foto: M.Sukardi/Okezone)

Di koleksinya kali ini, dia berfokus pada koleksi pria yang mana tidak juga sebatas pakaian polos. Banyak motif bernuansa alam yang dikemas sesuai dengan imajinasi Rama. "Di sini kita bermain dengan motif tumbuhan, batuan, serta aktivitas musim panas yang dikembangkan menjadi motif ceria," terang pada Okezone.

Rama melanjutkan, terkait dengan warna, dia memilih warna dasar musim gugur sebetulnya. Makanya Anda bisa melihat di sana warna coklat, putih, pink, kuning, dan hijau. Namun, yang menjadi spesial adalah Rama memadukan warna-warna itu dengan warna senada atau warna kontrasnya.

 

Bahan yang dipakai untuk koleksi ini adalah katun, drill, voal, dan wool. Menurut Rama, bahan-bahan ini menampilkan spirit tren mode tahun 2019.

 Baca juga: Viral, Pesona Perawat Cantik Ini Sukses Bikin Netizen Terhipnotis

"Koleksi ini menjadi pilihan penikmat mode untuk mengeksplorasi style fashion, muda, dan unik," kata Rama. Dia menambahkan, untuk memberi kesan kekinian, banyak ditampilkan busana kemeja dan celana oversized, jaket berbagai ukuran, serta detail kantong kargo yang menjadi bagian spesial di koleksi ini.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini