Biar Kualitas Terjaga, Begini 4 Tips Merawat Item Fashion Berbahan Kulit

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Jum'at 26 Oktober 2018 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 26 194 1969332 biar-kualitas-terjaga-begini-4-tips-merawat-item-fashion-berbahan-kulit-tgUlCTa9Zq.jpg Ilustrasi (Foto: Atellani)

BAIK di dalam maupun di luar negeri, kulit merupakan salah satu bahan yang sangat digemari di industri fashion. Bukan hanya memberikan kenyamanan dan kehangatan di saat dingin, kulit merupakan bahan yang sangat diminati lantaran sifatnya yang fleksibel, tahan lama dan tampak luks.

Sering kita jumpai sepatu, tas hingga pakaian maupun jaket memiliki bahan dari kulit. Mengenai harganya cukup bervariasi, semua tergantung dari kualitas dan jenisnya. Akan tetapi, bahan kulit yang sering dijumpai di pasaran dan banyak digemari adalah bahan dari kulit sapi.

Permasalahan yang sering dijumpai terhadap item fashion berbahan kulit adalah proses perawatannya. Sebagaimana kulit manusia, produk berbahan kulit juga membutuhkan perawatan ekstra agar tetap terjaga kualitas serta ketahanannya.

Hal tersebut sebagaimana yang sering dijumpai oleh Direktur Pressto Laundry Indonesia, Regiana Widjaja. Menurutnya, banyak pelanggannya yang datang ke outlet Pressto dengan sepatu, tas, dan jaket kulit kesayangannya. "Mereka mengeluhkan hal yang sama, yaitu proses perawatan yang gampang-gampang susah, terutama proses pembersihannya," sambungnya.

Baca Juga: Intip 5 Gaya Seksi Anya Geraldine, Pamer Payudara Mirip Model Dewasa

Berbekal dari pengalaman menangani produk fashion berbahan kulit, Pressto Laundry Indonesia mencoba untuk berbagi tips menarik untuk Anda.

1. Bersihkan langsung ketika terkena noda

Apabila sepatu, tas, atau pakaian kulit Anda terkena noda, langsung saja bersihkan dengan spons basah atau dengan busa sabun. Jangan menunda-nunda pekerjaan ini karena noda akan menjadi permanen apabila sudah terlalu lama melekat pada kulit. "Umumnya noda di bahan kulit tidak bisa dibersihkan langsung dengan air atau terkena kontak langsung terlalu lama dengan air. Ada banyak resiko apabila dilakukan pembersihan dengan air, mulai dari luntur hingga pengelupasan. Di Pressto kami memroses bahan kulit dengan menggunakan busa dan mesin hidrokarbon untuk proses pembersihan tanpa air," terang Regiana.

Baca Juga: 4 Gaya Hijab Trendi ala Artis Muda Generasi Milenial

2. Hindari penyikatan atau pengucekan

Kulit sangat rentan dengan gesekan atau benda kasar. Ketika membersihkannya, sepatu, tas atau pakaian kulit tidak perlu disikat atau dikucek karena dapat berakibat pada pengelupasan.

item

3. Jangan dijemur langsung di bawah terik matahari

Seperti halnya kulit, panas dari sinar matahari dapat membuat kulit kering dan berujung pada pengelupasan. Untuk mengeringkan produk berbahan kulit, cukup letakkan saja di atas handuk kering dan diangin-anginkan.

4. Simpan di tempat yang kering dan sejuk

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini