nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seruput Nikmatnya Aneka Kopi Nusantara, Kopi Garut hingga Khas Tanah Rencong

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 26 Oktober 2018 16:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 26 298 1969377 seruput-nikmatnya-aneka-kopi-nusantara-kopi-garut-hingga-khas-tanah-rencong-fMKbAzSvmp.jpg Kopi khas Nusantara (Foto:Prelo)

KOPI merupakan salah satu minuman yang disukai oleh seluruh masyarakat Indonesia. Kopi terdiri dari macam jenis yang menyuguhkan beberapa varian yang berbeda. Alhasil minuman berwarna hitam ini menjadi salah satu buruan bagi para pencinta kopi tanah air.

Sebagaimana diketahui Indonesia memiliki perkebunan kopi yang besar hingga mencapai 1,3 juta Ha. Hal itu membuat Indonesia menjadi produsen kopi terbesar keempat di dunia. Selain itu kopi yang dimiliki Indonesia memiliki citarasa yang sangat tinggi hingga dikenal oleh masyarakat dunia.

Saat ini banyak Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak di bidang kopi. Meski usahanya masih kecil, namun citarasa kopi yang mereka jual bisa diadu dengan kopi ternama lainnya. Para pebisnis ini memiliki cara khusus dalam memanen dan mengolah biji kopi sehingga menghasilkan citarasa yang unik.

(Baca Juga: Viral, Pesona Perawat Cantik Ini Sukses Bikin Netizen Terhipnotis)

(Baca Juga: 7 Perhiasan Mendiang Putri Diana yang Diwariskan ke Kate Middleton & Meghan Markle)

Dalam artikel ini Okezone akan membahas mengenai beberapa kopi nikmat nusantara yang dipamerkan dalam even tahunan bertajuk Rembug Kopi Nusantara 2018 yang dilangsungkan di Exhibition Hall, Gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Jumat (26/10/2018).

1. Warga Bandung

Kedai kopi ini berada di Bandung. Mereka sengaja memakai kopi single origin yang terdiri dari satu sumber kopi yang tidak dicampur dengan jenis kopi lainnya. Hani selaku owner Warga Kopi mengaku memiliki perkebunan kopi sendiri seluas 100 hektar di daerah Pangalengan yang menjamin mutu dan kualitas dari kopi yang ia jual.

 

Kopi Warga baru didirikan pada pertengahan 2018 dengan menu andalan yakni wayang honey. Kopi ini memiliki rasa asam menyerupai buah belimbing wuluh. Buat Anda yang penasaran, bisa mengunjungi tempat ini di Jl, Ir Juanda no 48, Dago, Bandung dengan harga mulai dari Rp25-30 ribu.

2. Kopi Gayo

Sesuai dengan namanya, kopi Gayo memiliki rasa yang kuat dan tekstur yang pekat. Kopi khas Aceh ini memang terkenal di dunia kopi nusantara dan memiliki rasa yang unik seperti wine. Secara geografis, ketinggian tempat juga sangat berpengaruh pada citarasa kopi Gayo.

 

Kopi andalan yang dibawa dalam acara ini adalah jenis wine, luwak dan atang jungket. Atang Jungket adalah nama sebuah desa penghasil kopi yang berkualitas. Bagi Anda yang penasaran dengan Kopi Gayo, bisa datang ke coffe shopnya yang terletak di Depok dengan range harga sekira Rp100-1 juta untuk kelas premium dan luwak.

3. KopiKohlie

Menu andalan KopiKohlie adalah bom buah yang berasal dari Cianjur Selatan. Kopi ini diolah melalui proses kering natural dan hanya tersedia di KopiKohlie. Kopi ini memberikan rasa buah alami, jadi ada rasa manis dan asam di dalamnya.

 

Bagi Anda yang penasaran dengan citarasa kopi berjenis buah biasa datang langsung di Jl Duta Raya no.77a, Duri Kepa, Jakarta Barat. Harga kopi ini sendiri dimulai dari Rp75-115 ribu per 250 gram. Dan untuk seduhannya bisa diperoleh dengan harag Rp24 ribu/cup.

4. Kopi Paste Garut

Kopi ini diambil dari kebun yang ada di Gunung Papandayan yang dinilai memiliki citarasa khusus. Rasa ini timbul karena gunung ini memiliki ketinggian 1.200 mdpl yang merupakan tempat yang ideal untuk biji kopi arabika.

 

Kopi Paste Garut menyedikan kopi lanang yang terkenal dapat meningkatkan vitalitas, sementara untuk jenis kopi fullwash, mereka memiliki aroma buah-buahan dan tidak terlalu pahit. Harga kopi di tempat ini cukup murah, yakni dengan range Rp90-250 ribu/ kilogram.

5. Spoor Cafe

Menu andalan yang dimiliki Spoor Cafe adalah decaf coffee yang memiliki ciri khas rendah kafein. Alhasil kopi ini bisa dikonsumsi dengan aman mulai dari anak-anak hingga dewasa. Spoor Cafe menyediakan berbagai varian rasa kopi yang unik dan beda dengan lainnya.

 

Sekiranya ada lima pilihan rasa yang bisa dipilih yakni Melk Coffie, Ice Coffie, Coconute Coffie, Apple Coffie dan Lemone Coffie. Bagi Anda yang penasaran dengan kenikmatan kopi ini, bisa mengunjunginya langsung di daerah Taman Mini, kedai kopi ini berbentuk bangunan gerbong kereta api. Harga kopi di Spoor Cafe ini juga relative murah dengan kisaran Rp15 ribu/ botol.

(ndr)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini