Jangan Diremehkan, Ini Bahaya Mata Merah pada Bayi

Noor Chotijah , Jurnalis · Jum'at 26 Oktober 2018 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 26 481 1969231 jangan-diremehkan-ini-bahaya-mata-merah-pada-bayi-wbMkVH9417.jpg Waspadai mata merah pada bayi (Foto:Ist)


TIDAK jarang jika bayi sering mengalami Konjungtivitis, atau yang biasanya disebut mata merah. Kondisi ini adalah lebam tipis transparan yang melapisi bagian putih mata dan bagian dalam kelopak mata. Peradangan konjungtiva bisa disebabkan oleh iritasi, infeksi atau alergi.

Infeksi mata merah muda yang disebabkan karena bakteri atau virus menular. Maka jika anak Anda sedang mengalami mata merah, jangan sering melakukan aktifitas di luar rumah, karena akan menambah iritasi akibat debu yang masuk.

Juga jangan pernah memberikan obat tetes mata pada bayi, karena dapat menyebabkan konjungtivitis kimia. Mata merah juga sering terjadi karena air mata yang tersumbat, yang akan terlihat mata bayi menjadi berkaca-kaca, disertai lingkaran mata bagian bawah yang memerah.

Berikut pengobatan secara alami yang bisa membantu meredakan mata merah pada bayi, dilansir dari Boldsky 26/10/2018.

(Baca Juga: Viral, Pesona Perawat Cantik Ini Sukses Bikin Netizen Terhipnotis)

(Baca Juga: 7 Perhiasan Mendiang Putri Diana yang Diwariskan ke Kate Middleton & Meghan Markle)

ASI Ibu

Kandungan Kolostrum yang ada di dalam ASI sangat kaya akan mikronutrien. Dengan cara memberikan olesan ASI dua sampai tiga kali sehari pada bagian kelopak mata. Jika iritasi ada dibagian dalam mata, taruh ASI ke dalam wadah bersih, lalu gunakan pipet untuk meneteskan ke dalam mata bayi. Bahkan dokter setuju dengan fakta yang terkandung pada ASI dapat menyembuhkan hampir semua jenis penyakit dasar pada bayi.

home remedies

Madu Alami

Madu telah banyak digunakan untuk pengobatan antibiotik, antibakteri dan antijamur, hal ini juga efektif dalam menyembuhkan berbagai infeksi mata. Dengan melakukan cara yang mudah ambilah sekitar ΒΌ cangkir madu lalu tambahkan sedikit air hangat. Teteskan menggunakan pipet, satu atau dua kali tetes. Anda bisa meneteskannya kembali dengan jarak beberapa jam hingga sembuh.

Kentang Mentah

home remedies

Kentang memiliki sifat astringent, dapat mengurangi rasa sakit pada mata. Hal ini bisa mengurangi rasa sakit karena iritasi yang menyertai kelopak mata. Kupas kulit kentang, lalu cuci hingga bersih, parut daging kentang secukupnya. Berikan pada bagian kantung mata bayi selama 10 menit, dan laukan pengulangan hingga iritasi pada kantung mata sembuh.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini