Ingin Jadi Diplomat? Model United Nations Ajak Anak Muda Praktik dalam Simulasi Sidang PBB

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Sabtu 27 Oktober 2018 19:46 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 27 196 1969815 ingin-jadi-diplomat-model-united-nations-ajak-anak-muda-praktik-dalam-simulasi-sidang-pbb-LvljWxywXR.jpg Model United Nations (Foto: MUN)

PEMUDA memiliki potensi yang kuat dalam memajukan bangsa di masa depan. Di tengah zaman digital ini, sumber informasi untuk memahami isu-isu global pun sangat mudah didapatkan.

Salah satunya dalam waktu dekat, Model United Nations (MUN) akan menggelar kegiatan yang memfasilitasi calon diplomat untuk belajar mengenai relasi internasional, melalui praktik langsung dalam bentuk simulasi sidang PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa). MUN terbesar di Asia ini akan digelar 11-14 Januari 2019 di Kuala Lumpur, Malaysia.

MUN mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang ditetapkan PBB yang lebih akrab didengar dengan sebutan Sustainable Development Goals (SDGs) dengan 17 global goals. Ini adalah sebuah agenda pembangunan dunia demi terciptanya kesejahteraan di bumi. Sebagai bagian dari dunia, pemuda juga memiliki tanggung jawab dan hak untuk berkontribusi merealisasikan 17 global goals sebagai kunci mengubah dunia ke arah yang lebih baik.

 (Baca Juga:Mau Jadi Vlogger Sukses, Jangan Lupa Terapkan 7 Trik Ini)

Global Goals Model United Nations 2019 (GGMUN 2019) akan hadir dengan tema Lets Realize 17 Global Goals for A Brighter World (Mari Realisasikan 17 Tujuan Global untuk Dunia yang Lebih Cerah). Tema ini diusung karena ada banyak masalah yang terkait dengan global goals, dan kontribusi pemuda diharapkan dapat membantu merealisasikan setiap tujuan tersebut.

 

MUN sendiri merupakan sidang simulasi PBB yang pesertanya disebut delegasi dan setiap delegasi akan mewakili suatu negara dengan membahas suatu topik yang akan melibatkan keterampilan menulis, meneliti, berkomunikasi, berdebat, dan menguji sikap kepemimpian.

GGMUN bertujuan untuk menjadi platform bagi para diplomat muda masa depan agar mampu memahami isu-isu global dan kebijakannya dengan tindakan nyata yang perlu dilakukan. Selain itu para delegasi akan berdebat, serta berbagi perspektif bersama delegasi lain didampingi para pakarnya langsung dengan latar belakang dan etnis yang berbeda dari seluruh dunia. Targetnya 700 delegasi dari 200 negara, yang terdiri dari mahasiswa, pelajar, dan umum dengan maksimal usia 25 tahun akan hadir.

 (Baca Juga:Suka Traveling? 5 Travel Vlogger Ini Wajib Banget Kamu Subscribe)


GGMUN 2019 merupakan salah satu acara internasional karya anak bangsa di bawah naungan PT. International Global Network digelar untuk kedua kalinya. Perusahaan ini secara konsisten berupaya untuk mengatur beberapa program internasional yang relevan dengan kebutuhan generasi muda untuk masa depan dunia yang lebih baik. Organisasi ini tentunya bertujuan menciptakan platform sebagai aliansi antara pemimpin muda di seluruh dunia. Melalui program-program yang telah dirancang, diharapkan para pemimpin muda dunia akan mendapatkan lebih banyak perspektif sehingga mereka akan meningkatkan lebih banyak pemahaman tentang isu-isu global saat ini.

Muhamad Fahrizal, Direktur PT International Global Network mengatakan GGMUN 2019 juga bertujuan untuk dapat memberdayakan kesadaran remaja mengenai hubungan dan isu-isu internasional saat ini. Mereka akan didorong untuk memahami dan mencoba membentuk solusi yang dapat menyelesaikan isu-isu tertentu terkait dengan 17 global goals, serta memberikan momen kepada para peserta sebagai delegasi resmi untuk dapat langsung mewakili negara yang ditugaskan serta merasakan suasana konferensi PBB.

“Animo anak muda untuk ikut di event GGMUN 2019 ini sangat besar. Menjadi tantangan besar bagi kami untuk mengakomodir minat anak muda tersebut. Pada GGMUN 2019 ini pendaftarnya bertambah dua kali lipat dari tahun lalu dan jumlah negara yang ikut juga bertambah,” ujar Muhamad Fahrizal dalam siaran pers yang diterima Okezone, Sabtu (27/10/2018).

GGMUN 2019 akan menghadirkan tujuh forum berdasarkan Global Goals di Meeting Session. Setiap forum yang diangkat memiliki satu topik menarik yang akan dibahas dalam Meeting Session. Meeting Session merupakan sesi bagi setiap delegasi untuk menjadi perwakilan suatu negara dan membahas topik tertentu dengan delagasi lainnya. Setiap delegasi hanya dapat memilih satu forum untuk ikut andil dalam Meeting Session.

 

Tujuh forum yang akan diangkat dalam acara tersebut adalah Pengentasan Kemiskinan; Mengakhiri Kelaparan; Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan; Pendidikan Bermutu; Kesetaraan Gender; Akses Air Bersih dan Sanitasi; serta Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Selain tujuh forum tersebut, Global Goals MUN juga menghadirkan Grand International Symposium yang tentunya akan membahas goals lain dari tujuh forum yang yang sudah diangkat di Meeting Session oleh pembicara-pembicara andal dan berpengalaman. Selain itu, masih ada konten acara lainnya untuk memeriahkan acara ini seperti cultural performances, diplomatic dinner, entertainment session, hingga city tour ke tempat-tempat menarik di Malaysia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini