Share

Mengenal ASMR, Konten Vlog yang Bikin "Ngiler" kalau Dengar Bunyi 'Kriukk' dari Makanan

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 28 Oktober 2018 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 27 298 1969623 mengenal-asmr-konten-vlog-yang-bikin-ngiler-kalau-dengar-bunyi-kriukk-dari-makanan-Uxsgwdvknt.jpg ASMR (Foto: GettyImages)

ASMR, bagi orang-orang yang sering mengakses konten video di platform media sosial Youtube atau Instagram, pasti sudah cukup familiar dengan tulisan empat huruf tersebut.

Video dengan konten jenis ASMR, biasanya sekarang kerap terlihat pada konten video "mukbang" alias makan banyak dari para vlogger makanan Korea. Di mana dalam tayangan video tersebut, biasanya kita sebagai penonton akan melihat seseorang sedang makan sesuatu tepat di depan satu atau dua microphone.

Walau sudah sering melihat video ASMR, tapi tak banyak orang yang mengetahui sebenarnya apakah yang disebut dengan ASMR. ASMR ini, sebagaimana diwarta Vox, adalah singkatan dari (autonomous sensory meridian response), ialah istilah untuk sensasi yang didapatkan orang ketika mereka menonton video yang merangsang alias menstimulasi, yang mana biasanya yang melibatkan perhatian pribadi.

BACA JUGA:

 Maia Estianty dan Mulan Jameela Berlenggok di Panggung Jakarta Fashion Week, Keren yang Mana?

Banyak orang menggambarkan perasaan tersebut disebut sebagai "geli" atau sesuatu menggelitik yang mengalir di belakang kepala dan tulang belakang seseorang. Sebagian yang lain mengatakan perasaan ini membuat diri menjadi rileks, dan bahkan dapat menyebabkan tertidur.

 

Disebutkan lebih lanjut, ASMR ini sendiri bekerja sangat bervariasi dari orang ke orang. Beberapa orang mungkin sebagian besar, tidak mengerti sama sekali. Ditambah, dari sisi sains dikatakan ASMR pada dasarnya tidak ada, sehingga pemahaman tentang hal itu sejauh ini didasarkan pada anekdot dari internet.

 

Orang-orang merasakan ASMR bisa dari berbagai pemicu, beberapa orang menikmati suara bisikan, sementara yang lain menyukai video yang menunjukkan tugas yang sangat biasa seperti menyemprotkan botol air, suara ketukan, suara saat mengaduk semangkuk sup, atau suara kertas pembungkus berkerut, atau seperti suara mengunyah makanan seperti yang banyak dipertontonkan dari para vlogger makanan dari Korea yang mana biasanya berhasil menstimulasi alias membuat orang yang menonton menjadi ikut lapar dan menginginkan makanan yang dimakan oleh vlogger tersebut.

BACA JUGA:

 Gunakan Vibrator 6 Kali Sehari, Miss V Perempuan Ini Robek!

Lalu seberapa populer konten-konten video berjenis ASMR ini sekarang? Well, tidak berlebihan dikatakn bahwa video ASMR sekarang sudah begitu populer. Diketahui sekarang ada puluhan video ASMR dengan lebih dari satu juta penonton, dan beberapa saluran dengan ratusan ribu pelanggan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini