nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Terduga, Ini 5 Jenis Fobia Unik yang Ternyata Ada

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Senin 29 Oktober 2018 04:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 28 196 1970105 tak-terduga-ini-5-jenis-fobia-unik-yang-ternyata-ada-lsiIuTMAua.jpg Ilustrasi. (Foto: Rhythmic Healing Art Studio)

SETIAP orang tentu memiliki ketakutannya yang berbeda-beda masing-masing pribadi. Memiliki ketakutan adalah sesuatu yang normal, namun jika rasa takut tersebut makin lama makin meningkat, ketakutan ini pun akan berubah menjadi sebuah fobia.

Fobia bisa saja mempengaruhi tubuh dan juga pikiran seseorang dan dapat menyulitkan orang tersebut untuk menghadapi hal yang ditakutinya, entah itu benda, hewan, dan lain sebagainya.

Banyak fobia muncul tanpa alasan yang pasti dan jelas. Namun, sebagian besar fobia muncul karena trauma yang pernah dialami oleh seseorang. Dilansir dari wonderlist, berikut ini adalah beberapa fobia-fobia unik yang benar ada. Apakah Anda mengalaminya juga?

Baca Juga: Penampilan Pedangdut Meldi yang Milenial, Style Keponakan Dewi Perssik Ini Bisa Kamu Tiru!


1. Trypophobia

Fobia jenis ini mungkin sering Anda dengar. Orang yang mengalami fobia ini akan merasa takut ketika melihat lubang-lubang kecil yang berkerumun. Beberapa psikiater percaya bahwa gejaa yang terkait dengannya tidak membuatnya menjadi fobia sama sekali.

Namun, psikiater lain percaya bahwa perasaan tidak nyaman dan kecemasan yang dialami orang ketika melihat bentuk atau pola menyerupai lubang kecil, membuatnya menjadi fobia.


2. Triskaidekaphobia

Orang yang mengalami fobia jenis ini adalah orang yang takut dengan angka 13. Ada beberapa alasan dibalik rasa takut ini. Di akhir abad ke-19, beberapa orang berpikir bahwa ketakutan akan angka 13 dimulai dari kalangan agama ketika Yudas adalah orang ke-13 yang bergabung dengan Kristus pada penjamuan terakhir.

Selanjutnya, banyak peristiwa yang tidak menguntungkan juga telah melibatkan angka 13, sehingga meningkatkan rasa takut seseorang dengan angka ini.

Baca Juga: Ditilang Malah Ajak Polisi Seks Threesome, Selebgram Seksi Ini Tanggung Akibatnya


3. Nomophobia

Fobia jenis ini adalah salah satu fobia yang mungkin banyak orang, khususnya generasi masa kini alami. Jika seseorang mengalami fobia ini, ia akan memiliki ketakutan tidak memiliki handphone.

Misalnya, jika seseorang mengambil handphonenya, maka orang dengan nomophobia akan merasa khawatir karena terpisah dengan handphonenya. Apakah Anda salah satu pengidap nomophobia?


4. Ombrophobia

Fobia unik lainnya yang benar-benar ada adalah ombrophobia. Seseorang yang mengalami fobia ini akan merasa takut apabila hujan turun. Hal ini dikarenakan mereka khawatir akan hanyut dalam banjir.

Maka dari itu, ketika hujan turun, mereka akan langsung terkena serangan panik. Namun bisa jadi, orang yang mengidap fobia ini memiliki kenangan buruk atau trauma terhadap hal-hal yang berkaitan dengan hujan.

5. Hylophobia

Jenis fobia ini diambil dari kata Yunani Hylo yang berarti hutan. Jadi, orang-orang yang mengidap fobia ini akan merasa takut jika berada di dalam hutan.

Namun, ada beberapa perbedaan antara fobia dan ketakutan ditinggalkan sendirian di dalam hutan. Orang yang menderit hylophobia akan menjadi sangat cemas dan menunjukkan gejala seperti mual, mulut kering, keringat berlebih, gemetar dan lain sebagainya ketika berada di hutan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini