nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keren! Lengan Robot Ini Mampu Tirukan Gambar Pelukis Profesional

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 29 Oktober 2018 06:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 28 196 1970121 keren-lengan-robot-ini-mampu-tirukan-gambar-pelukis-profesional-rV0QlrR4Xh.jpg Sougwen Chung. (Foto: Instagram)

MELUKIS dengan tangan di atas kanvas rasanya sudah biasa dilihat. Tapi apa jadinya kalau dalam proses melukisnya dibantu oleh robot yang unik?

Pelukis Sougwen Chung menampilkan live painting dengan robot saat mengisi rangkaian festival seni berbasis teknologi, Wave of Tomorrow 2018. Dia mencoba mengubah perspektif orang yang menganggap bahwa robot merupakan benda yang kaku.

Konsultan Seni Wave of Tomorrow Maharani mengatakan, sejak awal festival ini dihelat untuk memberikan sebuah pengalaman baru untuk pencinta seni. Apalagi semuanya berbasis teknologi.

Baca Juga: Viral, Pesona Perawat Cantik Ini Sukses Bikin Netizen Terhipnotis

"Sougwen memberikan perspektif baru melalui aksinya, bahwa berkarya itu tidak mengenal batas. Banyak hal yang bersifat progresif, melalui berbagai sajian seni berbasis teknologi,” ujar Maharani kepada Okezone.

Penampilan Sougwen ditemani dua robot lengan tangan itu terbagi menjadi tiga bagian. Mula-mula, robot akan mencoba meniru pergerakan Sougwen sewaktu melukis.

Lalu, robot tersebut akan merekam dan menganalisa pergerakan Sougwen. Terakhir, dengan sistem Artificial Intelligence (AI), robot itu mulai bisa menggoreskan tinta dengan sendirinya.

Baca Juga: Intip 4 Gaya Busana Habib Bule , Habib Bahar Smith yang Ditolak Masuk Manado

Menariknya, Sougwen bukanlah pelukis sembarangan. Banyak karyanya menjadi kiblat seni, sampai dipajang di National Art Center Tokyo, Museum of Contemporary Art Jenewa, The Drawing Museum New York, dan banyak lainnya. Malahan wanita kelahiran Kanada yang kini menetap di New York untuk terus belajar menggabungkan karya seni dan teknologi.

"Saya ingin sekali berkunjung ke Indonesia. Di sini segi budaya dan seninya sangat menarik sekali. Hingga akhirnya, sekarang saya dapat menampilkan karya indah ini untuk orang Indonesia,” pungkas Sougwen.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini