nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hampir Punah, Kucing Gunung Super Langka Ini Kembali Muncul di Kamera!

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Senin 29 Oktober 2018 10:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 29 196 1970233 hampir-punah-kucing-gunung-super-langka-ini-kembali-muncul-di-kamera-y4gqBWDdcQ.jpg Kucing Langka (Nextshark)

DUNIA ini memiliki beraneka ragam fauna yang unik dan menarik untuk ditelusuri. Salah satu hal yang menarik adalah sosok mereka yang sudah langka dan sulit untuk dijumpai saat berada di alam bebas. Alhasil, hal inilah yang membuat para peneliti berbondong-bondong untuk menemukan dan mempelajari karakteristik hewan ini.

Belum lama ini, warga China digemparkan dengan sebuah momen yang sangat langka. Kamera inframerah yang dipasang pada Kabupaten Chindu, menangkap sebuah keluarga kucing gunung China berukuran kecil, sedang bermain-main di alam liar.

Ini adalah pertama kalinya sebuah keluarga Kucing Gunung Cina dengan nama ilmiah Felis biet telah tertangkap video di alam liar. Tentunya ini adalah sebuah kabar baik bagi para peneliti, mengingat hewan ini terdaftar sebagai hewan liar terlindung kelas dua di China.

 Baca juga: Intip Gaya Presenter Cantik Kekasih Sergio Ramos, Sporty dan Seksi!

Kucing gunung ini adalah salah satu spesies yang terancam punah dan menjadi salah satu jenis kucing paling langka di dunia.

Sebagaimana dilansir Next Shark, Senin (29/10/2018), tidak diketahui status populasi pasti dari kucing gunung China ini, namun ada ancaman serius terhadap spesies mereka terutama sebagai akibat dari Pika, yang merupakan mangsa utama hewan, menurut Wild Cats Magazine.

 Baca juga: Kelakuan Kucing Ini Mirip Manusia, Jadi Juru Parkir sampai Jualan Ikan!

Kucing ini masuk dalam kategori hewan predator nokturnal yang memiliki kebiasaan berburu hewan lain di alam liar. Kucing gunung ini memangsa makanan seperti burung dan hewan pengerat lainnya.

Sebagaimana diketahui, kelangkaan populasi kucing gunung ini disebabkan oleh kehadiran manusia. Menurut Konservasi Kucing Liar, sejumlah penduduk setempat memang sering memburu hewan ini hanya untuk mendapatkan bulunya.

 Baca juga: Sering Frustasi hingga Cegukan Tak Berhenti, Jadi Gejala Stroke pada Wanita Loh!

Bulu kucing liar ini lantas dijadikan aksesoris seperti bulu pada tempat duduk kecil, tali pinggang, dan topi hangat untuk musim dingin.

Kucing gunung China sangatlah langka. Berdasarkan data yang diperoleh, hewan mamalia kecil ini pertama kali tertangkap kamera pada 2007. Kini mereka kembali muncul dalam video setelah terjebak oleh perangkap kamera yang diletakkan oleh para ahli.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini