nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siklus Menstruasi Tidak Teratur, Konsumsi 5 Minuman Ini

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Senin 29 Oktober 2018 18:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 29 298 1970497 siklus-menstruasi-tidak-teratur-konsumsi-5-minuman-ini-u2UgUy2Me2.jpg Jus anggur bantu atasi masalah menstruasi tidak teratur (Foto: Tanyoe)

BAGI Anda para wanita, pernahkah Anda mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur? Hal ini biasanya terjadi karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Kadang-kadang, hal ini juga dapat terjadi karena kurangnya asupan nutrisi setiap hari untuk dapat mempertahankan fungsi normal, termasuk siklus menstruasi.

Selain itu, menstruasi yang tidak teratur juga dapat disebabkan karena kelebihan berat badan, stres, melepaskan pil kb, diet tidak sehat dan lain sebagainya. Menyeimbangkan hormon adalah kunci untuk mendapatkan kembali siklus menstruasi yang normal.

4 Hal yang Harus Dilakukan Penumpang saat Pesawat Mendarat Darurat di Perairan

Dilansir dari wonderlist, Senin (29/10/2018), berikut 5 minuman yang dapat membantu Anda melancarkan siklus menstruasi.

1. Jus anggur

Jus ini sangat efektif dalam mengatur siklus menstruasi Anda. Karena anggur mengandung sumber tembaga, vitamin A, vitamin C, asam pantotenat, pektin, potasium, dan serat. Minum segelas jus anggur selama 3 minggu sebelum dimulainya menstruasi akan mengurangi kemungkinan siklus menjadi tidak teratur.

2. Jus wortel

 

Wortel adalah sayuran yang paling umum dan terkenal dapat meningkatkan fungsi hormon. Sayuran yang satu ini kaya akan vitamin A, vitamin K, kalium, molibdenum, serat, vitamin C, vitamin B6, asam pantotenat, niacin, fosfor, folat, vitamin B2, vitamin E dan juga zat besi. Dengan meminum segelas jus wortel murni di pagi hari selama setidaknya 3 bulan secara teratur, maka Anda akan menormalisasi siklus menstruasi yang tidak teratur.

3. Pepaya mentah

 

Buah ini kaya akan kalium, vitamin A, vitamin B6, vitamin B1, dan riboflavin. Hal ini yang menjadikan pepaya dapat mengendalikan dan mencegah beberapa penyakit. Pepaya mentah dapat memberikan dukungan untuk merangsang produksi estrogen di dalam tubuh. Sehingga, siklus menstruasi Anda akan lebih teratur. Pepaya mentah dapat membantu untuk memperlancar aliran darah selama menstruasi dan juga berfungsi bagi otot rahim. Makanlah pepaya mentah atau minum jus pepaya mentah sekali setiap hari selama 2 bulan untuk membantu Anda melancarkan siklus menstruasi.

 Potret Menggemaskan Anak-Anak Kardashian di Bali, Terlihat Damai!

4. Jahe

Jahe sangat efektif untuk wanita yang sering mengalami siklus menstruasi tidak teratur. Karena, jahe dapat meningkatkan aliran menstruasi dan juga meredakan rasa sakit saat menstruasi. Minumlah air hangat yang telah dicampur dengan sesendok makan jahe. Tambahkan sedikit gula di dalamnya lalu minum 3 kali sehari setelah makan. Minumlah secara rutin selama satu bulan agar siklus menstruasi Anda lancar.

5. Peterseli

Daun peterseli banyak digunakan dalam masakan Eropa, Timur Tengah, dan Amerika. Selain itu daun ini pun juga sering digunakan sebagai hiasan. Namun, daun ini juga memiliki fungsi untuk melancarkan siklus menstruasi Anda. Dengan meminum segelas jus peterseli setiap hari, hal ini akan membantu Anda untuk melancarkan siklus menstruasi Anda yang berantakan. Masukkan daun peterseli ke dalam juicer dan tambahkan sedikit gula untuk menambahkan rasa manis.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini