nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intip Kegiatan Pangeran Harry dan Meghan Markle saat Tiba di Selandia Baru

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 29 Oktober 2018 18:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 29 406 1970472 intip-kegiatan-pangeran-harry-dan-meghan-markle-saat-tiba-di-selandia-baru-ZCOjn9V5Ym.jpg Kegiatan Meghan Markle dan Pangeran Harry di Selandia Baru (Foto: Standard)

RANGKAIAN tur kerajaan di Pasifik yang dilakukan oleh Pangeran Harry dan Meghan Markle akan segera berakhir. Kemarin, keduanya telah tiba di negara tujuan terakhir yaitu Selandia Baru. Sama seperti di negara-negara sebelumnya, pasangan ini mendapatkan penyambutan begitu menjejakkan kaki.

Penyambutan yang mereka terima adalah pōwhiri yaitu sambutan resmi dan tampilan keramahan suku Māori, penduduk asli di sana. Upacara yang melibatkan nyanyian dan tarian itu dilakukan di Government House, Wellington dan ditandai dengan pertunjukan haka yaitu tarian tradisional serta salam 21 senjata. Selain itu biasanya upacara penyambutan dimulai dengan wero (tantangan) di luar marae atau penduduk.

 

Dalam upacara itu, seorang pejuang dari tangata whenua (tuan rumah) akan menantang manuhiri (tamu) guna mengidentifikasi. Tangata whenua mungkin membawa taiaha yaitu senjata yang menyerupai tombak karena bisa saja orang asing yang datang adalah musuh. Kemudian diletakkan pula rautapu dari cabang pohon kecil yang untuk diambil tamu sebagai simbol datang dengan damai.

 (Baca Juga:4 Hal yang Harus Dilakukan Penumpang saat Pesawat Mendarat Darurat di Perairan)

 

Setelah prosesi itu, biasanya dilanjutkan dengan pidato dan nyanyian. Barulah setelah itu para tamu dan tetua penduduk di sana melakukan salam hongi untuk mengakhiri proses formal. Salam ini tergolong unik karena dua orang yang salinng menyapa akan menempelkan kening dan hidung mereka. Duke dan Duchess of Sussex pun tak lepas dari melakukan ritual ini. Keduanya melakukan salam tersebut dengan para tetua Māori.

 (Baca Juga:Proyek Kapal Titanic II Sedang Digarap di China, Mau Coba Sensasinya?)

 

Pasangan kerajaan itu juga menyempatkan waktu untuk pergi ke peringatan perang Inggris dan Pukeahu National War Memorial Park. Keduanya pun meletakkan daun palem di atas makam prajurit yang tidak dikenal. Tak sampai di situ, pasangan yang menikah pada 19 Mei lalu itu juga mendekati kerumunan masyarakat yang telah menunggu. Bahkan mereka melakukan selfie dengan anak usia 10 tahun yaitu Sophie Hubbard dan Hope Watson.

 

Ketika tiba di sana, Meghan tampak mengenakan gaun khusus ibu hamil merek ASOS dan mantel coklat bermotif kotak-kotak merek Karen Walker. Seperti yang diberitakan sebelumnya, di kehamilan pertamanya ini, baby bump perempuan berusia 37 tahun itu sudah mulai terlihat. Sementara itu, Pangeran Harry mengenakan setelan jas abu-abu lengkap dengan pin medali militer. Demikian seperti yang dilansir Okezone dari Evening Standard, Senin (29/10/2018).

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini