Sering Frustasi hingga Cegukan Tak Berhenti, Jadi Gejala Stroke pada Wanita Loh!

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 29 Oktober 2018 08:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 29 481 1970191 sering-frustasi-hingga-cegukan-tak-berhenti-jadi-gejala-stroke-pada-wanita-loh-u7lw4zgJ2A.jpg Cegukan

PRIA memang lebih rentan mengidap stroke dibandingkan wanita. Namun, wanita dapat saja mendadak kena stroke, apalagi kalau ditandai dengan gejala-gejala seperti ini, Ladies!

Menurut National Stroke Association, ada gejala stroke tertentu yang lebih unik pada wanita. Biasanya itu dipengaruhi karena faktor hormonal dan hal lainnya.

Bertepatan dengan Peringatan "Hari Stroke Sedunia", Direktur Program Stroke di MedStar Georgetown University Hospital Andrew Stemer, MD, membeberkan gejala-gejala khas yang dialami wanita saat menderita stroke. Simak ulasannya berikut ini, dilansir Okezone dari Womenshealthmag, Senin (29/10/2018).

 Baca juga: Seksinya Pesta Halloween ala Girls Squad, Wajah Seramnya Saja Masih Terlihat Cantik!

Stroke

Pingsan dan panas dingin

Pingsan bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti tekanan darah rendah dan kehamilan pertama. Tapi stroke pada wanita juga dapat menunjukkan gejala pingsan. Hal itu disebabkan ketika ada sesuatu yang menghalangi aliran darah ke otak Anda, sehingga dapat memicu kehilangan kesadaran.

Sering merasa frustasi

Jika Anda mengalami perubahan mood mendadak, yang tidak dapat dijelaskan pemicunya, waspadai gejala stroke. Meski biasanya karena pengaruh obat-obatan, Anda yang mengalami kelumpuhan saraf bisa mengalami frustasi akibat keadaan mental yang berubah drastis.

 Baca juga: Keren! Lengan Robot Ini Mampu Tirukan Gambar Pelukis Profesional

Pusing dan mual

Vertigo, yang ditandai dengan mual dan pusing adalah salah satu gejala stroke yang kurang dikenal. Namun wanita sering mengalami, malahan dikira cuma akibat dari keracunan makanan atau flu. Meskipun mungkin bukan stroke, sebaiknya konsultasi ke dokter, apalagi disertai gejala lainnya yang khas pada stroke.

 Pusing dan Mual

Kejang

Stroke sangat mematikan karena dapat menyebabkan kerusakan otak dengan cepat. Nah, kejang merupakan salah satu tanda potensi kerusakan otak. Jika Anda mengalami serangan tiba-tiba, segera pergi ke dokter, kurang dari 2 jam setelah mengidap gejalanya.

 Baca juga: 5 Artis Tanah Air yang Kena Stroke di Usia Muda, Siapa Saja?

Sering sakit kepala sebelah

Migrain kronis dapat meningkatkan risiko Anda mengalami penyakit stroke. Di Amerika Serikat, banyak wanita mengalami sakit kepala mendadak dan menyiksa. Hal ini tidak boleh diabaikan supaya tidak merugikan diri sendiri.

Cegukan tak berhenti-berhenti

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Neurology and Neurophysiology, seorang wanita yang kerap alami cegukan lebih dari 30 detik, bahayanya mudah terkena stroke. Gejalanya lebih khas apalagi kalau disertai lumpuh saraf, linglung dan masalah lainnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini