Putihkan Gigi Tanpa Obat-obatan Mahal, Bisa Kok

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Selasa 30 Oktober 2018 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 30 194 1970853 putihkan-gigi-tanpa-obat-obatan-mahal-bisa-kok-THL7c3hJcD.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

APAKAH Anda memiliki gigi yang sudah mulai menguning? Jangan khawatir, sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan gigi menjadi kusam dan berubah menjadi kuning.

Lantas apa sebenarnya penyebab gigi menguning? Salah satunya adalah makanan. Selain itu, penumpukan plak pada gigi juga dapat menyebabkan gigi kuning. Perubahan warna pada gigi ini biasanya dapat diobati dengan pembersih dan pemutih biasa.

Namun, terkadang gigi terlihat kuning karena lapisannya telah terkikis, menunjukkan dentin di bawahnya. Dentin adalah jaringan kuning alami yang terletak di bawah lapisan gigi. Dilansir dari healthline, Selasa (30/10/2018), berikut beberapa cara sederhana yang dapat memutihkan kembali gigi Anda secara alami.

Baca Juga: Rekan Satu Grup Terlibat Kecelakaan, Pramugari Ini Tulis Pesan Mengharukan

 

1. Stroberi

Buah yang dapat Anda gunakan untuk memutihkan gigi adalah stroberi. Memutihkan gigi dengan campuran stroberi dan baking soda adalah obat alami yang dapat Anda coba. Asam malat yang terkandung dalam stroberi akan menghilangkan perubahan warna pada gigi Anda, sementara baking soda berfungsi sebagai penghilang noda.

Jika Anda ingin mencoba metode ini, batasi penggunaannya untuk beberapa kali dalam seminggu. Karena, penggunaan yang berlebih dapat menyebabkan kerusakan bagi gigi Anda.

Baca Juga: 6 Kesalahpahaman yang Selama Ini Dianggap Paling Diinginkan Perempuan di Ranjang

2. Cuka apel

Asam asetat yang terkandung dalam cuka apel secara efektif dapat membunuh bakteri. Sifat anti-bakteri cuka inilah yang membuatnya dapat membantu Anda membersihkan mulut dan memutihkan gigi Anda. Sebuah penelitian yang dilakukan pada gigi sapi menemukan bahwa cuka apel memang memiliki efek untuk memutihkan gigi.

Namun, mereka juga menemukan bahwa cuka apel juga dapat melunakkan gigi. Maka dari itu, tidak dianjurkan untuk menggunakannya setiap hari karena dapat mengikis lapisan gigi Anda. Untuk menggunakannya, encerkan cuka apel dengan air lalu kumur selama beberapa menit. Setelah itu, kumur kembali dengan air biasa.

3. Baking soda

Baking soda memiliki sifat pemutih alami, sehingga dapat membantu Anda untuk memutihkan gigi. Selain itu, baking soda juga dapat mencegah bakteri berkembang dalam mulut Anda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pasta gigi yang dicampurkan dengan baking soda memiliki efek pemutihan yang signifikan.

Nah, untuk menggunakan baking soda sebagai pemutih gigi Anda, campurkan 1 sendok teh baking soda dengan 2 sendok teh air dengan pasta gigi. Anda dapat melakukannya beberapa kali dalam seminggu.

4. Minyak kelapa

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak dapat mengurangi bakteri di mulut beserta plak dan gingivitis. Steptococcus mutans adalah salah satu jenis utama bakteri di mulut yang menyebabkan plak dan gingivitis.

Sebuah studi menemukan bahwa menggunakan minyak kelapa setiap hari dapat mengurangi bakteri ini tumbuh di dalam mulut. Masukkan 1 sendok makan minyak kelapa ke dalam mulut Anda lalu kumurkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini