nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Media Memanipulasi Sudut Pandang dari Sebuah Foto, Percaya atau Tidak?

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 30 Oktober 2018 16:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 30 196 1970986 cara-media-memanipulasi-sudut-pandang-dari-sebuah-foto-percaya-atau-tidak-CY5AX5Azse.jpg Fotografi (Findingtheuniverse)

BEBERAPA waktu belakangan ini, media yang seharusnya jadi perwakilan indra masyarakat mulai diragukan keakuratannya. Menurut survei yang dilakukan baru-baru ini, menunjukkan orang Amerika memiliki pandangan negatif tentang pemberitaan di media sekira 43%, sisanya 33% adalah masyarakat yang masih percaya atau punya pandangan positif pada media.

Masyarakat merasa ragu, sebab terkadang media terkesan mengada-ada dalam memberikan kabar, melebih-lebihkan sensasi, hingga masyarakat dilema menentukan mana media yang lebih akurat pemberitaannya.

Dilansir Okezone dari laman Bored Panda, Selasa (30/10/2018), berikut beberapa bukti gambar yang telah dimanipulasi media.

 Baca juga: Selain Dimakan, Semangka Bisa Bikin Kulit Wajah Cerah hingga Hilangkan Keriput

1. Saat Kate Middleton dan Pangeran William mengabarkan kelahiran bayi ketiga

https://static.boredpanda.com/blog/wp-content/uploads/2018/10/examples-media-truth-manipulation-93-5bd314f5bc1a3__700.jpg

Sudut pandang memang sangat memengaruhi makna dari sebuah gambar. Contohnya saja foto Pangeran William ini, di sisi samping nampak dia menunjukkan jari tengah, yang padahal pada bagian depan pangeran memperlihatkan angka tiga menggunakan tiga buah jari.

 Baca juga: Pasangan Gay Pinguin Ini Berhasil Lahirkan Seekor Bayi di Musim Kawin

2. Tentara Irak diberi minum

 https://static.boredpanda.com/blog/wp-content/uploads/2018/10/examples-media-truth-manipulation-5bd2d0fd1cb37__700.jpg

Lagi-lagi hanya kareja sudut pandang pengambilan gambar makna sebenarnya bisa hilang. Seorang tentara Irak sedang diberi minum oleh marinir di Irak Selatan, tapi karena foto diambil dari samping, kesannya seperti ada seorang marinir yang sedang menodongkan senjata pada tentara yang lemas itu.

3. Rahasia di balik latar belakang studio berita

 https://static.boredpanda.com/blog/wp-content/uploads/2018/10/examples-media-truth-manipulation-5bd2cb8379f2a__700.jpg

Dalam sebuah studio berita biasanya ada latar belakang yang menampilkan suasana perkotaan. Akan tetapi, nyatanya tidak semua latar belakang itu diambil dari lokasi secara langsung, contohnya saja yang ditunjukkan pada gambar ini, diambil langsung sih, tapi dari lukisan.

 Baca juga: Gunakan Leging Warna Kulit, Wanita Ini Dikira Telanjang

4. Melambaikan tangan entah pada siapa

 https://static.boredpanda.com/blog/wp-content/uploads/2018/10/examples-media-truth-manipulation-5bd2d86f458bd__700.jpg

Ada dua sudut pandang yang dihadirkan, pertama seorang pria paruh baya melambaikan tangan seolah ada banyak massa yang hadir pada peresmian Presiden Donald Trump. Sedangkan pada gambar kedua, ternyata di tribun tidak ada massa yang melambaikan ke arahnya. Jadi, pada siapa pria itu melambaikan tangan?

Baca juga:  7 Produk Kecantikan yang Wajib Dimiliki untuk Membuat Kulit Semakin Cerah

5. Massa Hillary

 https://static.boredpanda.com/blog/wp-content/uploads/2018/10/examples-media-truth-manipulation-5bd2c789cd217__700.jpg

Yang namanya sudut pandang memang bebas-bebas saja, termasuk membuat suasana yang tidak terlalu ramai nampak sangat ramai. Memang bisa dibuat dan dipilih sudut pandang atau anglenya agar kesan yang diinginkan bisa terwujud, tapi etiskah untuk sebuah media melakukan hal ini?

6. Kebenaran dan yang terlihat

 https://static.boredpanda.com/blog/wp-content/uploads/2018/10/examples-media-truth-manipulation-80-5bd3115606019__700.jpg

Kata orang meski dilihat langsung oleh mata kepala bukan berarti kebenaran yang sedang dilihat. Seperti foto ini, ada seorang anak laki-laki yang nampak ketakutan dengan seorang tentara yang ada di depannya sedang memegang pemukul, padahal si tentara sedang bermain dengan anak laki-laki satunya lagi yang ada tidak jauh dari anak laki-laki yang ketakutan, hanya saja pada gambar anak tersebut dipotong bagiannya hingga menimbulkan makna yang lain pada gambar.

(rzy)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini