Mengharukan, Inilah 5 Kisah Penumpang yang Selamat dari Kecelakaan Pesawat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 30 Oktober 2018 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 30 196 1971006 mengharukan-inilah-5-kisah-penumpang-yang-selamat-dari-kecelakaan-pesawat-8vsDvT29LM.jpg Tugu Memorial Kecelakaan Northwest Flight 255 (Foto: Thisisinsider)

MELAKUKAN perjalanan menggunakan pesawat bukan hanya cara tercepat untuk mencapai tujuan, tetapi juga dianggap sebagai moda transportasi paling aman di dunia. Terlepas dari fakta tersebut, masalah mesin, cuaca buruk, bahkan human error, dapat datang secara tiba-tiba sehingga insiden atau kecelakaan pesawat pun tidak dapat terelakkan.

Dari sejumlah kasus kecelakaan yang terjadi di berbagai negara di dunia, ternyata menyisakan kisah-kisah mengharukan dari para korban yang selamat. Hal ini secara tidak langsung membuktikan bahwa peluang untuk hidup itu selalu ada, meski harus melewati perjuangan yang berat. Dilansir Okezone dari berbagai sumber, Selasa (30/10/2018), berikut 5 kisah korban selamat kecelakaan pesawat dari seluruh dunia.

 

Carolyn Cross

Kisah mengharukan juga dialami seorang penumpang wanita asal Inggris, Carolyn Cross. Ie menjadi salah satu korban selamat dari insiden jatuhnya pesawat Northern Thunderbird Air pada 2011 lalu. Kala itu, pihak maskapai hendak melakukan penerbangan menuju Kelowna. Namun, beberapa saat setelah lepas landas, pilot mengakui adanya kebocoran mesin pesawat dan mencoba untuk berbalik arah (kembali ke bendara). Namun keputusan tersebut sudah terlambat. Pesawat jatuh, dan hanya menyisakan 7 penumpang selamat, salah satunya adalah Carolyn.

Menurut pengakuan wanita berusia 49 tahun itu, saat pesawat jatuh, ia berada dalam kondisi pingsan karena mencium bau bahan bakar yang sangat menyengat. Ketika sadar, Carolyn langsung merangkak ke arah pintu pesawat dan berhasil ditolong oleh penumpang lain ke tempat yang lebih aman. Carolyn mengalami cedera serius, termasuk patah tulang rusuk, gigi, serta trauma rahang dan kepala.

 (Baca Juga:Sahabat Citra Novita Pramugari Lion Air JT 610 Berharap Masih Ada Keajaiban, Pesannya Mengharukan)

Erwin Tumiri

Hanya enam orang yang selamat ketika LaMia Flight 2933 jatuh ke pegunungan Kolombia pada tahun 2016. Insiden tersebut menewaskan 71 orang, termasuk sebagian besar anggota tim sepakbola Chapecoense. Hasil investigasi menyebutkan bahwa pesawat tidak memiliki cukup bahan bakar untuk mencapai tujuannya. Di antara para korban yang selamat, kru pesawat bernama Erwin Tumiri berhasil lolos dari insiden yang menggegerkan masyarakat dunia tersebut.

“Saya berhasil selamat karena saya mengikuti protokol darurat, meletakkan tas di antara kaki saya dan menempatkan diri saya dalam posisi fetal (tidur menyamping). Saya bisa melihat banyak penumpang yang merangkak naik dan mulai berteriak,” ujar Erwin.

 

 (Baca Juga:Pramugari, Sosok Pahlawan yang Sering Dipandang Sebelah Mata)

Wendy Robinson Fernsell

Pada tahun 1985 silam, Delta Flight 191 jatuh ketika mendarat di Dallas. Insiden ini disebabkan oleh cuaca buruk yang membuat pesawat menabrak mobil dan dua tanki air ketika hendak mendarat. Setidaknya 136 penumpang dilaporkan tewas, sementara 27 penumpang lainnya mengalami luka-luka. Salah satu korban selamat adalah seorang pramugari bernama Wendy Robinson Fernsell. Pada saat kejadiaan, Fernsell menggantikan rekan kerjanya yang sedang sakit, namun beruntung ia berhasil selama dari kecelakaan itu.

Ketika pesawat berhenti bergerak, Wendy mencoba membantu penumpang yang tersisa. Dia memanjat keluar dari pesawat dan berlari jauh ke tempat aman. Namun, ia memutuskan untuk kembali ke bangkai pesawat menggunakan mobil polisi untuk mencari rekan-rekannya, dan korban selamat lainnya. Meski sempat melanjutkan profesinya sebagai seorang pramugari, beberapa tahun setelah insiden tersebut, Wendy memutuskan untuk bekerja sebagai seorang guru.

 

Annete Herfkins

Annete Herfkins berusia 31 tahun ketika ia menjadi penumpang Vietnam Airlines Flight 474 yang jatuh menabrak pohon pada tahun 1992. Dia adalah satu-satunya penumpang yang selamat, bahkan tunangannya meninggal dalam kecelakaan tersebut. Annete mengalami cedera yang sangat serius. Tulang pinggulnya retak, paru-paru dan rahangnya pun tidak bisa berfungsi normal. Kendati demikian, ia berhasil memanjat keluar dari pesawat dan memanfaatkan sumber air untuk bertahan hidup selama kurang lebih enam hari, sebelum ditemukan oleh pihak kepolisian.

Dolar dan Junaidi

Dua anggota DRPD Pronvisi Kepulauan Bangka Beliting, Junaidi dan Dolar berhasil lolos dari kecelakaan jatuhnya Lion Air JT-610 rute Jakarta – Pangkal Pinang. Pada saat kejadian berlangsung, mereka dilaporkan ketinggalan pesawat. Saat dikonfirmasi kepada anggota keluarga mereka, Dolar dan Junaidi awalnya dijadwalkan naik Lion Air bersama sembilan anggota DPRD Babel lainnya. Namun, ia dipastikan selamat karena ketinggalan pesawat. Selain membawa para anggota legislator, pesawat Lion Air tersebut juga membawa sejumlah ASN dari BPK, KPN Pratama dan para pejabat Polda Babel.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini