nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cuaca Dingin Enaknya Santap Olahan Soto Betawi sebagai Menu Makan Malam

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 30 Oktober 2018 19:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 30 298 1971003 cuaca-dingin-enaknya-santap-olahan-soto-betawi-sebagai-menu-makan-malam-kkxvzSCxuL.jpg Soto Betawi untuk menu makan malam (Foto: @berbagiresep/Instagram)

CUACA dingin memang paling enak menyantap hidangan berkuah untuk menghangatkan tubuh. Dari sekian banyak hidangan berkuah, soto termasuk makanan yang paling praktis untuk diolah, dan rasanya pun enggak kalah lezat dengan hidangan lainnya. Nah, kalau ingin membuat olahan soto dengan sensasi rasa gurih yang nendang, sajian soto betawi bisa jadi pilihan yang tepat.

Dikutip Okezone dari akun Instagram @berbagiresep, berikut resep lengkap membuat olahan soto betawi untuk menu makan malam bersama keluarga. Sajikan bersama nasi putih hangat dan makanan pelengkap lainnya.

Soto Betawi

Bahan:

500 gr daging sapi

1,5 liter air

4 cm lengkuas, memarkan

3 cm jahe, memarkan

400 ml santan kental

150 ml susu segar

2 btg serai, dimemarkan

5 lembar daun salam

½ bh pala, geprek saja

1 btg kayu manis

2 butir cengkeh

1 sdm margarin/minyak samin

1,5 sdm garam/secukupnya

1 sdt gula

Bumbu dihaluskan:

10 siung bwg merah/2 bh bawang bombay

5 siung bwg putih

1 sdt lada (merica), 1 sdt ketumbar,

½ sdt jinten,

4 butir kemiri,sangrai

Bahan pelengkap:

Daun bawang,iris

Kentang, iris tipis-tipis lalu goreng

Tomat, iris kasar

Jeruk limau

Emping goreng

Kecap manis

Acar mentimun

Bawang goreng

Cara Membuat:

1. Panaskan air 1,5 liter hingga mendidih, lalu masukkan daging, jahe, lengkuas dan 2 lembar daun salam. Rebus sampai daging empuk. Angkat dan tiriskan. Sisakan air bekas rebusan kaldu sebanyak 1liter;

2. Goreng daging sebentar saja. Lalu tumis bumbu halus, serai, buah pala, kayu manis,sisa 3 lembar daun salam, cengkeh, lada, jintan sampai wangi matang dan mengeluarkan minyak. Proses penumisan harus benar-benar matang untuk mendapatkan aroma yg lezat dan tidak langu;

3. Masukan bumbu tumisan ke dalam kaldu bekas rebusan daging dan tambahkan santan serta susu. Masukkan garam dan gula. Masak hingga mendidih dengan api kecil, tambahkan margarin/minyak samin. Masak lagi hingga rasa menyatu dan lezat. Jangan lupa koreksi rasa.

Penyajian:

Ambil sebagian daging. Potong-potong dadu. Masukkan ke dalam mangkuk. Tambahkan irisan kentang goreng, tomat, daun bawang serta bawang goreng dan emping. Siramkan kuah kaldu yg mendidih ke mangkuk. Beri kecap manis dan peraskan jeruk limau. Hidangkan bersama nasi hangat dan sambal.

Soto

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini