nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Takut Bepergian dengan Pesawat, Ini Fakta yang Tidak Diketahui Orang Awam

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 30 Oktober 2018 08:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 30 406 1970755 angan-takut-bepergian-dengan-pesawat-ini-fakta-yang-tidak-diketahui-orang-awam-CYpmqcYYWm.jpg Pesawat Jatuh (Foto: Pixabay)

INSIDEN kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 pada Senin 29 Oktober 2018 memang telah menyisakan duka mendalam bagi seluruh masyarakat Indonesia. Ratusan manusia kehilangan nyawanya akibat kecelakaan yang masih belum jelas penyebabnya ini.

Tentunya peristiwa kecelakaan pesawat ini membuat sebagian masyarakat menjadi trauma dan was-was untuk bepergian ke luar kota. Alhasil tak sedikit orang yang mengurungkan rencananya untuk pergi berlibur usai melihat kejadian ini.

Baca juga : Jangan Takut Bepergian dengan Pesawat, Ini Fakta yang Tidak Diketahui Orang Awam

Meski demikian, bagi kalian yang suka bepergian seharusnya tidak perlu khawatir atau berpikir yang negatif. Pesawat rupanya telah dirancang sedemikian rupa supaya tidak dengan mudah terjatuh.

Tentu bagi Anda yang pernah bepergian menggunakan pesawat, pasti akan mengetahui segala macam prosedur yang berlaku dalam penerbangan. Alhasil peraturan dan Standar Operasional Perusahaan (SOP) yang sangat ketat akan membuat keamanan perjalanan Anda menjadi semakin terjamin.

Secara garis besar, pesawat terbang memang telah dilengkapi oleh berbagai alat dan teknologi canggih yang akan memberikan keamanan ekstra bagi para penumpang didalamnya.

Hal ini pun dibenarkan oleh seorang kapten senior di salah satu penerbangan swasta, Vincent Raditya. Pilot yang kerap mengunggah video penerbangannya melalui akun Youtube ini bahkan pernah menjelaskan bahwa sebuah pesawat bisa tetap terbang meskipun salah satu mesin jetnya mati.

Baca juga: Catatan Kematian Paling Tragis dalam Sejarah, Seperti Apa?

“Pesawat zaman sekarang, khususnya Airbus 320 telah dilengkapi peralatan dan sistem navigasi yang canggih yang membuatnya tidak gampang jatuh. Bahkan jika kedua mesin jet sebuah pesawat tersebut mati, maka sebuah pesawat masih memiliki kesempatan untuk mendarat dengan selamat,” tutur Vincent, melalui video yang diunggahnya ke akun Youtube.

Untuk memastikan pernyataanya tersebut benar, Vincent pun mencoba untuk membuktikan situasi berbahaya tersebut melalui sebuah simulator pesawat Airbus A320. Terbukti pesawat tersebut berhasil mendarat sempurna dengan teknik khusus yang diajarkannya.

So, bagi kalian yang ingin bepergian, jangan pernah takut dan merasa khawatir. Anda hanya perlu mematuhi semua aturan yang berlaku dalam penerbangan seperti mematikan handphone dan juga menenakan sabuk pengaman ketika diperintahkan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini