nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pramugari, Sosok Pahlawan yang Sering Dipandang Sebelah Mata

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 30 Oktober 2018 15:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 30 406 1970962 pramugari-sosok-pahlawan-yang-sering-dipandang-sebelah-mata-xLyyeiLPWQ.jpg

BUKAN sekadar memperagakan tata cara penggunaan alat keselamatan penerbangan, atau menyajikan makanan kepada para penumpang, tugas dan tanggung jawab pramugari jauh lebih berat dari yang selama ini kita bayangkan. Banyak orang yang mengira, para pramugari baru terlihat ‘sibuk’ ketika sudah berada di dalam pesawat. Padahal, tugas mereka telah dimulai ketika proses boarding berlangsung.

Sebelum membahas lebih lanjut, perlu kita pahami bahwa tanggung jawab utama dari seorang pramugari adalah menjaga penumpang agar tetap aman, dan memastikan semua aktivitas berjalan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

Melalui artikel ini, Okezone akan membahas sedikit banyak tentang aktivitas para pramugari, serta alasan Anda harus bersyukur wanita-wanita profesional ini bertugas di dalam pesawat.

 Baca juga: Pasangan Gay Pinguin Ini Berhasil Lahirkan Seekor Bayi di Musim Kawin

Dilansir dari Airtug, Selasa (31/10/2018), setiap pramugari dilatih untuk secara terampil bereaksi terhadap berbagai keadaan darurat, seperti penumpukan asap akibat kebakaran mesin pesawatan, penanganan barang berbahaya, ancaman bom, hingga insiden medis yang tak terduga.

 Pramugari

Gambaran kecilnya, jika ada kebakaran di dalam pesawat, para pramugarilah yang pertama kali akan menanganinya. Mereka sudah tau persis apa yang harus dilakukan. Termasuk jika anggota keluarga Anda pingsan atau berhenti bernapas saat penerbangan berlangsung. Para pramugari sudah mengetahui langkah-langkah pertolongan pertama yang sesuai dengan prosedur CPR (Cardiopulmonary Resuscitation).

Bahkan, tak jarang pula kita mendengar kabar membahagiakan ketika seorang pramugari berhasil membantu proses kelahiran seorang penumpang di atas pesawat. Hal ini sekali lagi membuktikan bahwa profesi mereka benar-benar membutuhkan keterampilan, skill, kesabaran, serta keahlian untuk mengambil keputusan dalam situasi genting. Jadi bisa dibayangkan seperti apa pelatihan yang telah mereka jalani sehingga dapat menggantikan peran dokter, psikolog, pemadam kebakaran, bartender, hingga menjadi seorang pengasuh bayi!

 Baca juga: 7 Produk Kecantikan yang Wajib Dimiliki untuk Membuat Kulit Semakin Cerah

Di samping itu, para pramugari juga memiliki wewenang untuk memastikan apakah seorang penumpang diizinkan terbang atau tidak. Mereka dapat menganalisa perilaku hingga bahasa tubuh penumpang yang dianggap dapat membahayakan atau mengganggu kenyamanan penumpang lain. Oleh karena itu, ketika seorang pramugari meminta seseorang untuk keluar dari pesawat, seluruh awak kapal (crew cabin) akan mendukung keputusannya.

Dari poin tersebut, dapat disimpulkan bahwa pramugari ingin memastikan Anda mendapatkan penerbangan yang nyaman dan menyenangkan, mengingat Anda telah merogoh biaya yang cukup besar untuk membeli tiket pesawat.

 Pramugari

Tak heran jika predikat “wanita tangguh dan multilatelenta” layak disematkan kepada setiap pramugari. Mereka lah yang menjadi duta sekaligus jembatan penghubung antara maskapai dan pelanggan, di mana diplomoasi harus dilakukan secara alami tanpa unsur paksaan.

 Baca juga: Jangan Minder, Ini 6 Keuntungan Punya Payudara Kecil yang Bisa Bikin 'si Jumbo' Iri

Para pramugari juga dapat dianggap sebagai ‘pahlawan tanda jasa’ karena mereka menjalankan tugas dan peran penting tanpa mengenal rasa lelah. Selama ini Anda mungkin tidak menyadari bahwa sebagian besar pramugari memiliki waktu istirahat yang sangat minim.

Beberapa di antara mereka bahkan ada yang bertugas selama lebih dari 10 jam setiap hari, namun tetap melakukan yang terbaik meski mengabaikan kondisi emosional maupun fisik mereka sendiri. Di balik wajah cantik dan ramah mereka inilah tersimpan jiwa profesional dan berdidikasi tinggi yang sering kita abaikan.

(rzy.-)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini